PELAKSANAAN PENGAWASAN PENCATATAN DOKUMEN PERKAWINAN ANAK DI BAWAH UMUR DI KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR


Husriani, Husriani (2021) PELAKSANAAN PENGAWASAN PENCATATAN DOKUMEN PERKAWINAN ANAK DI BAWAH UMUR DI KECAMATAN GALESONG KABUPATEN TAKALAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B12114522_skripsi_cover1.jpg

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B12114522_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B12114522_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (326kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B12114522_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai pengawasan pencatatan dokumen perkawinan anak di bawah umur oleh instansi yang berwenang dan unutuk mengetahui faktor yang menjadi kendala dalam pengawasan pencatatan perkawinan anak di bawah umur di kecamatan galesong kabupaten takalar.
Penelitian ini di lakukan di Kementrian Agama Kabupaten Takalar dan Kantor Urusan Agama Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar dengan mewawancarai Kepala Seksi Bimbingan Masayrakat, Kepala Kantor urusan Agama (KUA), dan Penghulu Kantor Urusan Agama (KUA). Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian hukum empiris.
Adapun hasil penelitian ini, yaitu pengawasan pencatatan dokumen perkawinan anak dibawah umur yang dilakukan instansi terkait ( KUA kecamatan galesong) oleh aparat (petugas) yang ditunjuk instansi tersebut untuk melakukan pencatatan dokumen perkawinan dibawah umur selalu mengacu kepada dasar hukum yakni undang undang No.1 tahun 1974 tentang perkawinan yang tercantum dalam pasal 7 ayat (1) yaitu ”perkawinan hanya diizinkan jika pria sudah mencapai 19 tahun,dan pihak wanita 16 tahun” artinya apabila dibawah umur yang telah ditetapkan oleh undang undang maka KUA akan menolak perkawinan tersebut kecuali pihak yang bersangkutan mengajukan dispensasi ke pengadilan agama.Pengawasan pencatatan harus dibarengi dengan sumber daya Pegawai Pencatat Nikah.Kendala dalam pengawasan pencatatan yaitu minimya pengetahuan masayrakat tentang hukum dan aturan yang mengikat mengenai pernikahan/perkawinan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 26 Jul 2022 01:42
Last Modified: 26 Jul 2022 01:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17619

Actions (login required)

View Item
View Item