Strategi Pengembangan Wilayah Berbsis Komoditas Unggul Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang = REGIONAL DEVELOPMENT STRATEGY BASED ON SUPERIOR COMMODITIES, MASALLE SUB-DISTRICT, ENREKANG DISTRICT


Ramadhani, Nur Fitri (2022) Strategi Pengembangan Wilayah Berbsis Komoditas Unggul Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang = REGIONAL DEVELOPMENT STRATEGY BASED ON SUPERIOR COMMODITIES, MASALLE SUB-DISTRICT, ENREKANG DISTRICT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022201002_tesis_11-07-2022 cover1.png

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022201002_tesis_11-07-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022201002_tesis_11-07-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022201002_tesis_11-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

NUR FITRI RAMADHANI. Strategi Pengembangan Wilayah Berbasis Komoditas Unggulan Kecamatan Masalle Kabupaten Enrekang (dibimbing oleh Budimawan dan Danial Useng).

Kecamatan Masalle merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Enrekang dengan potensi pertanian yang tinggi. Berdasarkan RTRW Kabupaten Enrekang Tahun 2011-2031, Kecamatan Masalle termasuk sebagai sentra produksi tanaman hortikultura dan termasuk dalam kawasan peruntukan pengembangan ternak besar. Namun Kecamatan Masalle juga termasuk dalam kawasan rawan bencana zona patahan dan tanah longsor. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komoditas unggulan, menentukan zona kawasan, daya dukung lahan berbasis kemampuan lahan dan merumuskan strategi pengembangan wilayah berbasis komoditas unggulan Kecamatan Masalle. Data yang diperoleh melalui observasi lapangan, wawancara dengan para ahli dan literatur terkait. Pemilihan responden dengan metode purpossive sampling. Metode analisis menggunakan analisis LQ, Klassen Tipology, Skalogram, analisis daya dukung lahan berbasis kemampuan lahan, AHP-SWOT. Hasil penelitian ini menunjukkan komoditi unggulan di Kecamatan Masalle yaitu kacang tanah, kacang merah, wortel dan kambing sebagai komoditi unggulan maju dan tumbuh cepat, bawang daun sebagai komoditi unggulan berkembang cepat dan komoditi ubi kayu, ubi jalar, kentang, kubis, tomat, pisang, kopi dan ayam kampung sebagai komoditi maju tertekan. Terdapat 4 (empat) zona kawasan. Adapun daya dukung lahan sebesar 1,53 yang artinya memiliki kemampuan pengembangan yang optimal dengan tetap terjaga keseimbangan lingkungannya. Dan terdapat 14 (empat belas) strategi pengembangan wilayah yang dapat diterapkan dengan prioritas strategi yaitu strategi S-O yaitu peningkatan kualitas dan kuantitas potensi pertanian, sertifikasi produk dan sistem pola tanam, peningkatan peran kelompok tani, serta menciptakan iklim investasi melalui kemitraan.
Keywords : Strategi Pengembangan Wilayah, Komoditas Unggul, Zona Kawasan, Daya Dukung Lahan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:30
Last Modified: 25 Jul 2022 02:30
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17600

Actions (login required)

View Item
View Item