ANALISIS PEMANFAATAN TERMINAL REGIONAL DAYA DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN WILAYAH KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF THE UTILIZATION OF THE DAYA REGIONAL TERMINAL IN SUPPORTING THE REGIONAL DEVELOPMENT OF MAKASSAR CITY


Syam, Rizky Widyasari (2022) ANALISIS PEMANFAATAN TERMINAL REGIONAL DAYA DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN WILAYAH KOTA MAKASSAR = ANALYSIS OF THE UTILIZATION OF THE DAYA REGIONAL TERMINAL IN SUPPORTING THE REGIONAL DEVELOPMENT OF MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P022191025_tesis_11-07-2022 cover1.png

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P022191025_tesis_11-07-2022 1-2.pdf

Download (671kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P022191025_tesis_11-07-2022 dp.pdf

Download (64kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P022191025_tesis_11-07-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

RIZKY WIDYASARI SYAM. Analisis Pemanfaatan Terminal Regional Daya dalam Mendukung Pengembangan Wilayah Kota Makassar. (dibimbing oleh Muhammad Yamin Jinca dan Muh. Asdar)
Kontribusi Realisasi Retribusi Terminal Regional Daya terhadap PAD kota Makassar dalam 5 (lima) tahun terakhir 2016-2020 mengalami penurunan setiap tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan Terminal Regional Daya berdasarkan persepsi penumpang dan pengaruh penerimaan retribusi Terminal Regional Daya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar serta menganalisis faktor pendorong dan penghambat pemanfaatan Terminal Regional Daya Kota Makassar.
Penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif digunakan untuk mengetahui pemanfaatan terminal berdasarkan persepsi pengguna jasa terminal terkait lokasi, aksesibilitas fasilitas utama dan fasilitas penunjang. Analisis regresi digunakan untuk menunjukkan adanya hubungan antara pendapatan Terminal Regional Daya (X) dengan PAD Kota Makassar (Y) sebagai representasi dari indikator pengembangan wilayah dan analisis FFA untuk mengetahui faktor pendorong dan penghambat pemanfaatan Terminal Regional Daya. Sampel yang digunakan adalah 301 responden dengan instrumen penelitian berupa kuesioner. Dari pengujian di peroleh hasil bahwa Terminal Regional Daya berdasarkan persepsi penumpang masuk kedalam kategori sangat baik untuk fungsi terminal dan kategori sangat memadai untuk fasilitas utama serta fasilitas penunjang. Koefisien determinasi sebesar 0,786, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel independen (Retribusi Terminal) terhadap variabel dependen (PAD) adalah sebesar 78,6% sedangkan 21,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Prioritas strategi adalah untuk peningkatan rute kendaraan yang terintegrasi dari pusat kota ke terminal dan sebaliknya, pengoptimalan dan sosialisasi program “Terminal back to function” oleh PD Terminal Makassar Metro, pengaktifan kembali penertiban terminal liar oleh tim terpadu dan peninjauan kembali serta penegakan regulasi berkaitan dengan Keputusan Kepala Dishub tahun 2014 tentang penyelenggaraan pool berkoordinasi dengan pemerintah kota dan Dinas Perhubungan.
Kata Kunci: Terminal Regional Daya, Rasio Kontribusi, Regresi, Retribusi, PAD, FFA

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:29
Last Modified: 25 Jul 2022 02:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17599

Actions (login required)

View Item
View Item