ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA SYAIR MUSIK BARUTUNG DI SUKU DURI DESA PAROMBEAN KABUPATEN ENREKANG = ANALYSIS OF THE CONTENTS OF THE BARUTUNG MUSIC SYAIR MESSAGE IN DURI TRIBE IN PAROMBEAN VILLAGE, ENREKANG DISTRICT


Mahyuddin, Ikram (2021) ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA SYAIR MUSIK BARUTUNG DI SUKU DURI DESA PAROMBEAN KABUPATEN ENREKANG = ANALYSIS OF THE CONTENTS OF THE BARUTUNG MUSIC SYAIR MESSAGE IN DURI TRIBE IN PAROMBEAN VILLAGE, ENREKANG DISTRICT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31114016_skripsi_cover1.jpg

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E31114016_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (741kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E31114016_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E31114016_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA SYAIR MUSIK BARUTUNG DI SUKU DURI DESA PAROMBEAN KABUPATEN ENREKANG”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotasi dan konotasi dalam syair musik barutung dan juga memahami mitos yang tertanam dalam kehidupan masyarakat Suku Duri Desa Parombean dalam acara kedukaan, pesta panen, dan pernikahan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan analisis semiotikan Roland Barthes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan terdiri dari observasi, wawancara mendalam, dokumentasi serta studi pustaka.
Di hasil penelitian, peneliti melakukan wawancara dengan beberapa informan dari masyarakat Suku Duri di Desa Parombean tepatnya di Dusun Letobara. Setelah itu, hasil wawancara dan obeservasi yang dilakukan kemudian di analisis sesuai dengan tujuan yang diharpkan dalam penelitian ini.
Hasil dari penelitian menunjukan adanya makna denotasi, konotasi dan mitos yang tertanam dalam kehidupan masyarakat Suku Duri Desa Parombean. Makna denotasi dalam syair tersebut menggambarkan permohonan kepada Allah, pada makna konotasi dalam syair tersebut bersifat subjektif yang bereda dengan makna denotasi yang lebih bersifat ojektif. Kemudian mitos yang tertanam dalam masyarakat Suku Duri sengaja dibuat sebagai suatu media untuk menyampaikan pesan yang memiliki makna-makna tertentu seperti halnya syair-syair yang ada dalam Musik Barutung.
Keywords : Makna Syair Musik Barurtung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:53
Last Modified: 25 Jul 2022 01:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17591

Actions (login required)

View Item
View Item