Analisis Tren Topik Penelitian Skripsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar = Trend Analysis of Thesis Research Topics for Communication Science Students, Faculty of Social and Political Sciences, Hasanuddin University Makassar.

Ikbal, Ikbal (2021) Analisis Tren Topik Penelitian Skripsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar = Trend Analysis of Thesis Research Topics for Communication Science Students, Faculty of Social and Political Sciences, Hasanuddin University Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E31114009_skripsi_cover1.jpg

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E31114009_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (700kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E31114009_skripsi_dp.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E31114009_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Dalam menunjukkan kapasitas intelektualnya penulisan skripsi sangat penting bagi mahasiswa, sampai sejauh mana penguasaan ilmu dan kemampuan mereka untuk menuangkan hasil pemikirannya dalam bentuk karya tulis. Skripsi pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi sangat beragam. Keberagaman topik penelitian bidang ilmu komunikasi ini menunjukkan bahwa masalah yang berkaitan dengan bidang ilmu komunikasi sangat banyak dan beragam, oleh karena itu hal ini perlu untuk dikaji dan diteliti lebih dalam lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tren topik penelitian skripsi mahasiswa ilmu komunikasi fisip unhas dari tahun 2011-2020. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan pendekatan survey. Sampel pada penelitian ini yaitu berjumlah 315 dokumen skripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 11 topik penelitian skripsi yang diteliti oleh mahasiswa ilmu komunikasi yaitu komunikasi pemasaran, komunikasi massa/jurnalistik, public relations, komunikasi interpersonal, komunikasi budaya, strategi dan perencanaan komunikasi, komunikasi organisasi, new media (media online dan internet), komunikasi politik, komunikasi kelompok, dan komunikasi pembelajaran. dan dari 11 topik penelitian skripsi tersebut terdapat 4 topik yang cenderung diteliti oleh mahasiswa yaitu penelitian komunikasi massa/jurnalistik 30%, komunikasi interpersonal 14%, new media (media online/internet) 12%, komunikasi pemasaran dan public relation 10%.
Keywords : Ilmu Komunikasi, Topik Skripsi, Analisis Tren,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:52
Last Modified: 25 Jul 2022 01:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17590

Actions (login required)

View Item
View Item