Strategi Komunikasi Tim Satuan Tugas (SATGAS) kab. polewali Mandar dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menghadapi Wabah Virus Corona = Communication Strategy of the Task Force Team (SATGAS) kab. polewali Mandar in Raising Public Awareness Facing the Corona Virus Outbreak

Mutmainnah, Mutmainnah (2021) Strategi Komunikasi Tim Satuan Tugas (SATGAS) kab. polewali Mandar dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Menghadapi Wabah Virus Corona = Communication Strategy of the Task Force Team (SATGAS) kab. polewali Mandar in Raising Public Awareness Facing the Corona Virus Outbreak. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022191014_tesis_cover1.jpg

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022191014_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022191014_tesis_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022191014_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

MUTMAINNAH. Strategi Komunikasi Tim Satuan Tugas (SATGAS) di Kabupaten Polewali Mandar dalam Membanguun Kesadaran Masyarakat Menghadapi Wabah Virus Corona (dibimbing oleh Muhammad Farid dan Jeanny Maria Fatimah).
Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi komunikasi yang digunakan Tim Satuan Tugas (SATGAS) di Kab. Polewali Mandar dalam membangun kesadaran masyarakat menghadapi wabah virus corona dan untuk mengetahui faktor – faktor yang mendukung dan menghambat efektifitas strategi komunikasi Tim SATGAS di Kab. Polewali Mandar dalam membangun kesadaran masyarakat menghadapi wabah virus corona. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori perubahan sosial dan teori tujuan komunikasi (Communication Goals Theory).
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi komunikasi yang dilakukan Tim Satuan Tugas (SATGAS) di Kab. Polewali Mandar adalah dijalankan dengan melalui empat tahapan yakni melalui pengumpulan data, melakukan atau membuat perencanaan, melakukan komunikasi, melakukan evaluasi. Strategi diimplementasikan dalam penyebaran informasi yang informatif, edukatif, dan persuasif melalui media komunikasi online, cetak, elektronik dan media sosia serta melakukan strategi kolaborasi seluruh perangkat daerah melalui program gedoor bersih covid yang berbasis kekeluargaan secara door to door. Faktor yang mendukung efektifitas strategi komunikasi yang dilakukan tim satgas dalam menyadarkan masyarakat menghadapi wabah virus corona adalah pemerintah mengeluarkan kebijakan penanganan virus corona yang lengkap, Media TV, Radio nasional, Media Online, Media Sosial juga turut menyajikan informasi dan edukasi terkait virus corona dan terkait pemulihan ekonomi, Tersedianya sistem informasi lengkap khusus mengenai virus corona disajikan pemerintah melalui www.covid.go.id. Faktor yang menjadi penghambat diantaranya, Terdapat 39% wilayah di kab. Polewali Mandar yang berstatus blank spot atau ketiadaan sinyal komunikasi, Informasi hoaks terkait virus corona yang cukup intens beredar di masyarakat, Luas wilayah dan kepadatan penduduk menjadi kendala pemerataan pelayanan dan penyebaran informasi oleh tim satuan tugas di kab. Polewali mandar, terakhir adalah latar belakang pendidikan dan budaya yang beragam juga menjadi faktor penghambat efektifitas strategi komunikasi yang dilakukan tim SATGAS kab. Polewali Mandar.
Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Tim Satuan Tugas, Virus Corona, Kesadaran Masyarakat, Faktor pendukung dan penghambat

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:49
Last Modified: 25 Jul 2022 01:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17583

Actions (login required)

View Item
View Item