Pengaruh Terpaan Informasi Kasus UU ITE Terhadap Kebebasan Berekspresi Pengguna Media Sosial di Kota Makassar = The Effect Of Information Exposure ITE Law Case On Freedom Of Exspression Sosial Media User In Makassar City

Durhan, Ainun Sakinah (2020) Pengaruh Terpaan Informasi Kasus UU ITE Terhadap Kebebasan Berekspresi Pengguna Media Sosial di Kota Makassar = The Effect Of Information Exposure ITE Law Case On Freedom Of Exspression Sosial Media User In Makassar City. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022182011_tesis_cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022182011_tesis_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022182011_tesis_dp.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022182011_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan Penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis tingkat terpaan informasi kasus UU ITE terhadap pengguna media sosial di kota Makassar, (2) Untuk menganalisis tingkat kebebasan berekspresi pengguna media sosial di kota Makassar, (3) Untuk mengindentifikasi pengaruh terpaan informasi kasus UU ITE terhadap Kebebasan berekspresi pengguna media sosial di Kota Makassar. (4) Untuk menganalisis strategi pengguna media sosial untuk menghindari jeratan UU ITE.

Penelitian ini dilakukan di kota Makassar, metode penelitian ini menggunakan kuantitatif jenis explanatory research. Teknik analis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda. sementara uji hipotesis menggunakan uji-t untuk menguji variabel secara parsial, serta uji-F untuk menguji pengaruh variabel secara serempak dengan tingkat signifikansi 5%.

Hasi penelitan menunjukkan bahwa (1) Terpaan informasi kasus UU ITE pengguna media sosial berada pada ketegori tinggi, (2) Kebebasan berekpresi pengguna media sosial berada pada kategori tinggi, (3) Tidak ada pengaruh terpaan informasi terhadap rendahnya kebebasan berekpresi pengguna media sosial di kota Makassar. (4) Strategi responden untuk menghindari Jeratan UU ITE ketika mengkritisi pemerintah di media sosial yaitu menggunakan majas sarkasme, satire, tidak menyebut objek, menggunakan kalimat tanya pada sebuah pernyataan namun ada juga yang mengkritik berbasis fakta dan data.
Keywords : Media Sosial, UU ITE, Kebebasan Berekspresi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 25 Jul 2022 01:39
Last Modified: 25 Jul 2022 01:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17574

Actions (login required)

View Item
View Item