ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMULIHAN SOSIAL EKONOMI PASCA BENCANA BANJIR BANDANG DAN TANAH LONGSOR OLEH PEMERINTAH KABUPATEN LUWU UTARA = THE ANALYSIS OF COMMUNICATION STRATEGIES IN RECOVERYOF SOCIO-ECONOMIC OF POST-FLOOD AND LANDSLIDE DISASTERS BY NORTH LUWU REGENCY GOVERNMENT


Abdullah, Muh. Taufik Rahmansyah (2021) ANALISIS STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PEMULIHAN SOSIAL EKONOMI PASCA BENCANA BANJIR BANDANG DAN TANAH LONGSOR OLEH PEMERINTAH KABUPATEN LUWU UTARA = THE ANALYSIS OF COMMUNICATION STRATEGIES IN RECOVERYOF SOCIO-ECONOMIC OF POST-FLOOD AND LANDSLIDE DISASTERS BY NORTH LUWU REGENCY GOVERNMENT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022182001_tesis_cover1.jpg

Download (292kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022182001_tesis_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022182001_tesis_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022182001_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memahami program kerja pemerintah Kabupaten Luwu Utara dalam pemulihan sosial ekonomi pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor. (2) menganalisis strategi komunikasi pemerintah Kabupaten Luwu Utara dalam pemulihan sosial ekonomi pasca bencana banjir bandang dan tanah longsor.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan studi kasus. Penentuan sampel penelitian dengan ini secara purposive sampling.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, program pemulihan yang diihadirkan oleh pemerintah Kabupaten Luwu Utara dibagi berdasarkan klaster dengan menyelaraskan antara tindakan dan juga upaya komunikasi, yaitu klaster sosial (kesehatan, jaminan hidup, hunian, pendidikan, dan kegiatan keagaaman), klaster infrastruktur (normalisasi sungai, jembatan, ruas jalan, intake bendungan, akses jaringan telekomunikasi) dan klaster ekonomi (mengaktifkan kembali perdagangan, pelaku umkm, pemberian modal usaha dan modal bibit kepada petani, dan pelatihan). Kedua, strategi komunikasi yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Luwu Utara yaitu dengan membentuk tim penanggulangan bencana dengan melibatkan para relawan selaku komunikator, di mana pesan yang disampaikan menggunakan pendekatan persuasive, informative, edukasi dan juga sosialisasi dengan tujuan penyelamatan terhadap korban, memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan, bahkan menyebarluaskan informasi terkait pemulihan sosial ekonomi pasca bencana. Pesan tersebut disampaikan melaui saluran atau media komunikasi seperti media cetak, media elektronik, media luar ruang, dan media sosial (instagram, facebook, website resmi pemerintah) yang tentunya akan sangat berpengaruh terhadap upaya pemulihan keberlangsungan hidup masyarakat Kecamatan Masamba dan Baebunta, Kabupaten Luwu Utara.
Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Komunikasi Bencana, Pemulihan Sosial Ekonomi, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jul 2022 00:58
Last Modified: 22 Jul 2022 00:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17564

Actions (login required)

View Item
View Item