ANALISIS KEBIJAKAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM PENGEMBANGAN RADIO KAYONG UTARA SEBAGAI MEDIA PUBLIK DI KABUPATEN KAYONG UTARA = AN ANALYSIS ON THE POLICY OF COMMUNICATION AND INFORMATICS DEPARTMENT IN THE DEVELOPMENT OF NORTH KAYONG RADIO AS A POLITICAL MEDIUM IN NORTH KAYONG REGENCY


Fuji, Adventius (2021) ANALISIS KEBIJAKAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA DALAM PENGEMBANGAN RADIO KAYONG UTARA SEBAGAI MEDIA PUBLIK DI KABUPATEN KAYONG UTARA = AN ANALYSIS ON THE POLICY OF COMMUNICATION AND INFORMATICS DEPARTMENT IN THE DEVELOPMENT OF NORTH KAYONG RADIO AS A POLITICAL MEDIUM IN NORTH KAYONG REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022181029_tesis_cover1.jpg

Download (327kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022181029_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022181029_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (13kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022181029_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan Dinas Komunikasi dan Informatika dalam pengembangan Radio Kayong Utara, kesiapan sumber daya manusia, rencana pengembangan sarana dan prasarana dan faktor-faktor apa saja yang menjadi kekuatan dan yang menghambat dalam operasionalisasi dan pengembangan Radio Kayong Utara sebagai media publik di Kabupaten Kayong Utara.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penulis melakukan penelitian dengan teknik observasi partisipatoris dan wawancara terhadap delapan informan di manajemen radio. Perencanaan komunikasi radio akan dianalisis menggunakan model Perencanaan Komunikasi Lima Langkah dan agenda setting untuk mengetahui konsep penyiaran pemerintahan Kayong Utara. Penulis menggunakan konsep analisis kebijakan publik untuk menganalisis beberapa kebijakan yang telah diterbitkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika.
Hasil penelitian menunjukkan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2015 menjadikan manajemen radio tidak terikat ke Dinas Komunikasi dan Informatika. Dari hasil wawancara diperoleh hasil bahwa Radio Kayong Utara dalam pengembangan sarana dan pra sarana dengan identifikasi kebutuhan infrastruktur, anggaran untuk pengadaan, perawatan infrastruktur dan peningkatan jaringan internet dan pemancar, dalam hal pengembangan sumber daya manusia dengan dibentuk Dewan Pengawas, Dewan Direksi & Staf Operasional. Kekuatan operasional radio adalah satu-satunya media massa pemerintah di Kayong Utara, pemuktahiran Standar Operasional Prosedur Manajemen Radio. Hambatan operasional yaitu jangkauan wilayah siaran belum merata, identifikasi kegiatan penyiaran yang belum terarah dan anggaran terbatas.
Keywords : Kebijakan, Dewan Direksi, Manajemen Radio, Rencana Kerja Anggaran

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jul 2022 00:56
Last Modified: 22 Jul 2022 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17563

Actions (login required)

View Item
View Item