ANALISIS REAKSI MASYARAKAT INDONESIA PADA MEDIA ONLINE (FACEBOOK) TERHADAP PELANGGARAN BATAS Z.E.E INDONESIA OLEH NELAYAN CHINA DI NATUNA UTARA = ANALYSIS OF THE REACTION OF INDONESIAN COMMUNITIES TO ONLINE MEDIA (FACEBOOK) AGAINST VIOLATION OF INDONESIA‟S EEZ BOUNDARIES BY CHINESE FISHERMAN IN NORTH NATUNA


Angriani, Fera (2021) ANALISIS REAKSI MASYARAKAT INDONESIA PADA MEDIA ONLINE (FACEBOOK) TERHADAP PELANGGARAN BATAS Z.E.E INDONESIA OLEH NELAYAN CHINA DI NATUNA UTARA = ANALYSIS OF THE REACTION OF INDONESIAN COMMUNITIES TO ONLINE MEDIA (FACEBOOK) AGAINST VIOLATION OF INDONESIA‟S EEZ BOUNDARIES BY CHINESE FISHERMAN IN NORTH NATUNA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E022181008_tesis_cover1.jpg

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E022181008_tesis-bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E022181008_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (61kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E022181008_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis reaksi masyarakat Indonesia di media online facebook terkait pelanggaran batas Z.E.E yang dilakukan oleh nelayan China di perairan Natuna Utara dalam analisis Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (2) mengetahui sikap pemerintah Indonesia terhadap pelanggaran batas Z.E.E oleh nelayan China di Natuna Utara (3) mengetahui bentuk framing berita pelanggaran batas Z.E.E oleh nelayan China di Natuna Utara dalam media online facebook yang telah menimbulkan reaksi terhadap masyarakat dan pemerintah Indonesia.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan metode analisis isi dan analisis framing dari Robert N Entman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni, observasi, dokumentasi, dan analisis isi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat 3 bentuk reaksi masyarakat dalam merespon pemberitaan terkait masalah pelanggaran batas Z.E.E yang dilakukan oleh China di Natuna Utara yaitu, reaksi positif, reaksi negatif, dan reaksi tidak jelas (2) sikap pemerintah dalam menghadapi kasus pelanggaran batas wilayah Z.E.E Indonesia di perairan Natuna Utara lebih mengutamakan jalur diplomasi (3) dalam mengkonstruksi dan membingkai masalah Indonesia-China terkait Natuna Utara, media online facebook (CNN Indonesia dan Kompas.com) lebih menonjolkan masalah penyelesain dan sikap yang diambil oleh pemerintah dalam mengatasi masalah ini.
Kata kunci: Reaksi Masyarakat, Analisis Isi, Analisis Framing Robert N Entman, Media Online Facebook, Natuna Utara, Z.E.E.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Jul 2022 00:55
Last Modified: 22 Jul 2022 00:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17561

Actions (login required)

View Item
View Item