“KINERJA UPT (UNIT PELAKSANA TEKNIS) PENGELOLAAN SAMPAH di DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS PENGELOLAAN SAMPAH TPA TAMANGAPA)” = “PERFORMANCE OF UPT (TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT) WASTE MANAGEMENT IN MAKASSAR CITY ENVIRONMENT DEPARTMENT (CASE STUDY OF TAMANGAPA TPA WASTE MANAGEMENT)”


Alam, Andi Muhammad Noor (2021) “KINERJA UPT (UNIT PELAKSANA TEKNIS) PENGELOLAAN SAMPAH di DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS PENGELOLAAN SAMPAH TPA TAMANGAPA)” = “PERFORMANCE OF UPT (TECHNICAL IMPLEMENTATION UNIT) WASTE MANAGEMENT IN MAKASSAR CITY ENVIRONMENT DEPARTMENT (CASE STUDY OF TAMANGAPA TPA WASTE MANAGEMENT)”. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E21116510_skripsi_cover1.jpg

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E21116510_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (984kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E21116510_skripsi_dp.pdf

Download (962kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E21116510_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Andi Muhammad Noor Alam (E211 16 510), Kinerja UPT (Unit Pelaksana Teknis) Pengelolaan sampah Di Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar (Studi Kasus Pengelolaan sampah TPA Tamangapa). Dibimbing oleh Prof. Dr. Hamsinah, M.Si dan Dr.Muhammad Yunus, MA

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikandan menganalisis kinerja UPT pengelolaan sampah di TPA Tamangapa. Penelitian ini menggunakan Teori Moeheriono.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dan adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode (1) wawancara, (2) observasi dan (3) dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja UPT Pengelolaan Sampah di Lokasi TPA sudah cukup baik berdasarkan beberapa indikator dalam penelitian ini dengan melihat : (1) Responsivitas, UPT Pengelolaan Sampah sebagai organisasi pemerintah sudah sangat baik dalam merespon kebutuhan masyarakat dengan program serta ruang musyawarah yang dibuat meskipun masih bayak yang harus di tingkatkan kedepannya (2) Responsibilitas, penyelenggaraan serta pelaksanaan program yang dilakukan sudah dilakukan dengan baik dengan melihat sudah minimnya penyebaran pencemaran lingkungan di daerah tamangapa (3) Akuntabilitas, Pertanggungjawaban serta pelaporan hasil kinerja yang dilakukan UPT sudah dilakukan dengan baik dengan melihat kurangnya pencemaran lingkungan yang terjadi dua tahun belakangan ini. Yang dimana dilokasi TPA yang memiliiki luas 16 Ha diperkirakan sudah tidak bisa menampung sampah yang ada di kota Makassar selama 2 tahun kedepan.
Kata Kunci : Kinerja, Pengelolaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:15
Last Modified: 21 Jul 2022 03:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17545

Actions (login required)

View Item
View Item