STIGMA TENTANG PEMILIHAN PRODUK MENSTRUASI DI KALANGAN MAHASISWI UNIVERSITAS HASANUDDIN = STIGMA CONCERNING MENSTRUATED PRODUCT SELECTION IN HASANUDDIN UNIVERSITY STUDENTS


Pramesti, Wallis Jiwa (2021) STIGMA TENTANG PEMILIHAN PRODUK MENSTRUASI DI KALANGAN MAHASISWI UNIVERSITAS HASANUDDIN = STIGMA CONCERNING MENSTRUATED PRODUCT SELECTION IN HASANUDDIN UNIVERSITY STUDENTS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51115507_skripsi_cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E51115507_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51115507_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51115507_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
WALLIS JIWA PRAMESTI. E511 15 507. Stigma Tentang Produk Menstruasi Di Kalangan Mahasiswi Universitas Hasanuddin. Dibimbing Oleh Prof. Dr. Supriadi Hamdat, MA dan Muhammad Neil, S.Sos. M. Si
Perkembangan budaya konsumen menyebabkan perubahan pada produk- produk yang dipakai masyarakat setiap harinya. Salah satunya adalah produk yang digunakan perempuan saat sedang mengalami menstruasi. Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi menjadi dasar pemikiran masyarakat dalam memilih suatu produk menstruasi. Alasan lingkungan, kesehatan maupun ekonomi membuat banyak perempuan mulai mengganti produk-produk yang digunakan. Penelitian mengkaji tentang Stigma yang melekat terhadap produk menstruasi tertentu yang menyebabkan seseorang menjadi tidak perawan yang berbenturan dengan nilai lokal pada masyarakat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan melihat 9 orang yang dipilih sesuai kriteria terkait yang telah dilakukan informan dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keputusan untuk menggunakan produk menstruasi yang berkonotasi negatif karena dapat menimbulkan stigma tidak perawan bukanlah fenomena budaya pop. Tetapi merupakan sebuah keputusan rasional yang memiliki dasar ilmiah empirik yang kuat. Bahkan di antara mereka, ada yang memilihnya karena kesadaran terhadap bahaya yang ditimbulkan limbah produk menstruasi pada lingkungan. Meskipun beban stigma tersebut besar, tetapi tekanan tersebut datang hanya dari sejumlah kecil orang.
Kata Kunci: Stigma, Produk Menstruasi, Pengambilan Keputusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Jul 2022 02:35
Last Modified: 21 Jul 2022 02:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17539

Actions (login required)

View Item
View Item