MOTIVASI BERPRESTASI ATLET MAHASISWA DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN = ACHIEVEMENT MOTIVATION OF STUDENT ATHLETES IN HASANUDDIN UNIVERSITY STUDENT ACTIVITY UNIT


Anggriawan, Yulian (2021) MOTIVASI BERPRESTASI ATLET MAHASISWA DI UNIT KEGIATAN MAHASISWA UNIVERSITAS HASANUDDIN = ACHIEVEMENT MOTIVATION OF STUDENT ATHLETES IN HASANUDDIN UNIVERSITY STUDENT ACTIVITY UNIT. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51114005_skripsi (1)cover1.jpg

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E51114005_skripsi (1)_bab 1-2.pdf

Download (968kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51114005_skripsi (1)_daftar pustaka.pdf

Download (167kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51114005_skripsi (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Yulian Anggriawan, E511 14 005 “Motivasi Berprestasi Atlet Mahasiswa di Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Hasanuddin” S.1, Departemen Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Di bawah bimbingan Dr. Safriadi, S.IP. M. Si, dan Icha Musywirah Hamka, S.Sos. M.Si

Motivasi berprestasi merupakan istilah yang digunakan untuk mendefinisikan keinginan atau penyebab seseorang untuk berprestasi. Motivasi berprestasi identik dengan seorang atlet atau seniman yang berjuang untuk meraih suatu prestasi. Penelitian ini fokus pada atlet mahasiswa di Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Hasanuddin, khususnya Atlet mahasiswa yang sering berprestasi atau atlet mahasiswa yang sering mengikuti suatu kejuaraan, dan bertujuan untuk menjelaskan nilai-nilai yang ditanamkan kepada atlet mahasiswa di setiap Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Hasanuddin, serta Mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan seorang atlet mahasiswa di Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Hasanuddin dalam meraih prestasi. Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini melibatkan 7 atlet mahasiswa yang bervariasi berdasarkan unit kegiatan mahasiswa atau bidang olahraga yang mereka tekuni. Penelitian ini menggunakan teknik koleksi data berupa observasi dan wawancara sebagai metode pengumpulan data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seorang atlet mahaiswa memiliki nilai yang tentang motivasi berpretasi yang telah diajarkan. Motivasi berprestasi itu mereka juga tunjukkan ketika mereka akan mengikuti suatu kompetisi, bagaimana mereka melakukan persiapan yang baik ketika akan mengikuti suatu kompetisi. Selain itu, atlet mahasiswa juga mempunyai faktor mengapa mereka ingin berprestasi, antara lain karena mendapatkan kepuasan pribadi ketika berprestasi, ingin mendapat pengakuan, mahasiswa POSK, digunakan untuk menunjang ijazah, dan untuk mengukur kemampuan dan karena hobi.
Keywords : motivasi berprestasi, atlet mahasiswa, unit kegiatan mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:33
Last Modified: 15 Jul 2022 01:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17507

Actions (login required)

View Item
View Item