A’dangang Studi tentang ritual kematian pada komunitas adat Kajang = A'dangang Studies on death rituals in the Kajang traditional community


Winaldi, Erik (2021) A’dangang Studi tentang ritual kematian pada komunitas adat Kajang = A'dangang Studies on death rituals in the Kajang traditional community. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51114002_skripsi_cover1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E51114002_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51114002_skripsi_dp.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51114002_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
Erik Winaldi (E51114002). A’dangang Studi tentang ritual kematian pada komunitas adat Kajang. Di bawah bimbingan Prof. Nurul Ilmi Idrus, Ph.D. dan Hardianti Munsi, S.Sos, M.Si. Departemen Antropologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.

Komunitas adat Kajang merupakan suku yang bermukim di kabupaten Bulukumba. Pada umumnya komunitas adat Kajang menganut dua kepercayaan, yakni kepercayaan lokal yang dikenal dengan istilah patuntung dan ajaran agama Islam. Salah satu ritual yang masih dilaksanakan hingga saat ini adalah ritual kematian a’dangang, yakni ritual peringatan seratus hari kematian anggota keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan komunitas adat Kajang terkait kematian, mengetahui proses ritual a’dangang dan pelaksanaan berdasarkan status sosial, serta mendeskripsikan bentuk kontribusi dalam melaksanakan ritual kematian.

Penelitian dengan pendekatan kualitatif ini mengombinasikan observasi dan wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Penentuan informan dilakukan secara purposive dengan tiga kriteria, yaitu: pemangku adat, tokoh masyarakat, dan orang yang pernah melaksanakan ritual a’dangang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunitas adat Kajang memandang kematian sama seperti orang islam pada umumnya, yaitu berpindahnya dari alam dunia menuju akhirat tetapi berbeda dalam proses praktek ritualnya. Pelaksanaan ritual kematian a’dangang memiliki tahapan mulai dari passili, narapi bangina, sa’la bangi, angalle bangi, a’basing, a’kalli, a’dangang, a’batu, a’dedde, pa’pasoro. Selain itu, pelaksanaan ritual kematian a’dangang dibedakan atas tiga jenis berdasarkan status sosial almarhum, yaitu a’dangang biasa, a’dangang lajo-lajo, dan a’dangang dampo. Pelaksanaan ritual a’dangang tidak terlepas dari bentuk kontribusi antar pihak keluarga berupa barang dan uang dan kontribusi luar keluarga dalam bentuk sumbangsih pengetahuan dan tenaga sebagai bentuk pengaplikasian nilai gotong royong.
Kata Kunci : A’dangang, ritual, kematian, dan komunitas adat Kajang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:20
Last Modified: 15 Jul 2022 01:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17501

Actions (login required)

View Item
View Item