Pengetahuan Tradisional Tentang Anatomi Tubuh dan Penyakit” (Studi Etnografi Dukun di Masyarakat Banggai) = “Traditional Knowledge of Body Anatomy and Disease” (Ethnographic Study of Dukun in Banggai)


Hidayat, Rahmad (2021) Pengetahuan Tradisional Tentang Anatomi Tubuh dan Penyakit” (Studi Etnografi Dukun di Masyarakat Banggai) = “Traditional Knowledge of Body Anatomy and Disease” (Ethnographic Study of Dukun in Banggai). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51113001_skripsi_cover1.jpg

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E51113001_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (753kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51113001_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (53kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51113001_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Rahmad Hidayat, (E51113001). “Pengetahuan Tradisional Tentang Anatomi Tubuh dan Penyakit” (Studi Etnografi Dukun di Masyarakat Banggai). Dibimbing oleh Dr. Yahya, MA dan Muhammad Neil, S.sos, M.Si. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar.

Pengetahuan tradisional merupakan pengetahuan yang diperoleh oleh masyarakat dari lingkunganya, pengetahuan itu diwarisi selama berabad-abad selama hidup dekat dengan alam (Mayor dalam Liliweri 2014:222). Salah satu kategori pengetahuan tradisional adalah pengobatan tradisional. Penelitian ini mengangkat judul “Pengetahuan Tradisional Tentang Anatomi Tubuh dan Penyakit” (Studi Etnografi Dukun di Masyarakat Banggai), dengan rumusan masalah bagaimana pengetahuan dukun mengenai anatomi tubuh dan bagaimana pengetahuan dukun tentang organ tubuh dan letaknya dan anggota tubuh apa saja yang beresiko mengalami sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk Menjelaskan bagaimana pengetahuan dukun mengenai anatomi tubuh dan juga untuk Menjelaskan bagaimana pengetahuan dukun tentang organ tubuh dan letaknya, serta untuk Mendeskripsikan anggota tubuh apa saja yang beresiko mengalami sakit.
Penelitian ini merupakan penelitian Etnografi dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi. Data ini dianalisis dengan merujuk pada apa yang dijelaskan oleh Cresweell (2010) yaitu Mengolah dan mempersiapkan data, Membaca keseluruhan data, pendeskripsian tema-tema yang telah dibuat dan Mengeinterpretasi atau memaknai data.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka diperoleh kesimpulan bahwa pengetahuan tradisional tentang anatomi tubuh dan penyakit berasal dari beberapa sumber yaitu dari keturunan, dari berguru dan dari mimpi. Pengetahuan-pengetahuan tersebut kemudian dipraktekkan dalam pengobatan tradisional dalam mengobati tubuh yang terserang dengan penyakit.
Keywords : Pengetahuan Tradisional, Anatomi Tubuh, Penyakit

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi Sosial
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:15
Last Modified: 15 Jul 2022 01:15
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17499

Actions (login required)

View Item
View Item