Strategi Bertahan Pedagang Kaki Lima Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kassi-Kassi Kota Makassar = Street Vendor Survival Strategy during the Pandemic Period in Kassi-Kassi Village Makassar City.


Astuti, Dwi Fuji (2021) Strategi Bertahan Pedagang Kaki Lima Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Kassi-Kassi Kota Makassar = Street Vendor Survival Strategy during the Pandemic Period in Kassi-Kassi Village Makassar City. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E042181002_tesis_cover1.jpg

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E042181002_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E042181002_tesis_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E042181002_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

DWI FUJI ASTUTI. Strategi Bertahan Pedagang Kaki Lima pada Masa Pandemi di Kelurahan Kassi-Kassi Kota Makassar. (dibimbing oleh Pawennari Hijjang dan Safriadi).
Penelitian ini bertujuan untuk; 1) menganalisis dinamika hidup Pedagang Kaki Lima pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Kassi-Kassi Kota Makassar; 2) mengetahui upaya yang dilakukan pedagang kaki lima dalam mepertahankan usaha di masa pandemi Covid-19; dan 3) mengetahui strategi bertahan pedagang kaki lima pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Kassi-kassi Kota Makassar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, artinya peneliti secara sadar dan sengaja memilih informan dengan alasan bahwa informan sesuai dengan kriteria terpilih yang relevan dengan masalah penelitian tertentu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis peneltian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian meliputi a) Editing, b) Classification, c) Verification, d) Analysis,e) Concluding.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) dinamika hidup pedagang kaki lima pada masa pandemi Covid-19 di Kelurahan Kassi-kassi Kota Makassar menunjukkan a) kurangnya minat konsumen b) menurunnya pendapatan konsumen pedagagang kaki lima dan c) kurangnya jam operasional. 2) Upaya Pedagang Kaki Lima dalam mempertahankan usaha pada masa pandemi Covid-19 yaitu a) Menghindari razia Satpol PP, b) Optimis dalam berdagang c) Menjualkan dagangan orang lain. 3) Strategi bertahan pedagang kaki lima pada masa pandemi Covid-19 yaitu a) membangun relasi dengan Satpol PP dan b) Pemilihan lokasi yang strategis.
Keywords : Strategi Bertahan, Pedagang Kaki Lima, Covid-19.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:13
Last Modified: 15 Jul 2022 01:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17495

Actions (login required)

View Item
View Item