Modalitas Kemenangan Pasangan H. A.Muchtar Ali Yusuf dan H. A.Edy Manaf Pada Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan = Modalities of H. A. Muchtar Ali Yusuf and H. A.Edy Manaf As A Couples on The 2020 Regional Head Election in Bulukumba Regency, South Sulawesi.

Mar`ah, Fitratul (2021) Modalitas Kemenangan Pasangan H. A.Muchtar Ali Yusuf dan H. A.Edy Manaf Pada Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan = Modalities of H. A. Muchtar Ali Yusuf and H. A.Edy Manaf As A Couples on The 2020 Regional Head Election in Bulukumba Regency, South Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041171502_skripsi_cover1.jpg

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041171502_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (762kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041171502_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (775kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041171502_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pilkada merupakan arena kontestasi politik sebagai salah satu wujud demokrasi, dimana di dalamnya terdapat kompetisi para aktor untuk mendapatkan posisi sebagai kepala daerah. Kompetisi untuk mencapai posisi tersebut berkaitan erat dengan kepemilikan modal. Modal itulah yang kemudian digunakan oleh aktor untuk memperkuat (mempertahankan bahkan merebut) kedudukan aktor di arena. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan mekanisme penggunaan modal yang digunakan pasangan “Harapan Baru” dalam kemenangannya pada Pilkada 2020 di Kabupaten Bulukumba, sebagai pasangan yang salah satunya berlatar belakang pengusaha.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumen. Landasan teori dari penelitian ini menempatkan teori kapital atau modal yang dikemukakan oleh Pierre Bourdieu sebagai lensa penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian ini, ada 2 jenis modal yang dominan berkontribusi dalam kemenangan pasangan “Harapan Baru”, yaitu modal sosial dan modal ekonomi. Modal sosial yaitu, jaringan relasi pasangan “Harapan Baru” dan latar belakang keluarga pasangan “Harapan Baru”, sedangkan modal ekonomi yaitu, kekayaan finansial pasangan “Harapan Baru” dan kekayaan berupa benda atau sarana Produksi. Pengakumulasian dan penggunaan seluruh modal tersebut berkontribusi positif terhadap kemenangan pasangan “Harapan Baru” pada Pilakda 2020 di Kabupaten Bulukumba.
Kata kunci: Modalitas, Pilkada, Pasangan harapan baru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:11
Last Modified: 15 Jul 2022 01:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17493

Actions (login required)

View Item
View Item