SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN LAHAN PERTANIAN DI DUSUN GATTARENG, DESA GATTARENG TOA, KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG = Community Social Solidarity during The Processing of Agricultural Land in Gattareng, Village of Gattareng Toa, Subdistrict of Marioriwawo , Soppeng Regency.


Mustan, Mustan (2021) SOLIDARITAS SOSIAL MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN LAHAN PERTANIAN DI DUSUN GATTARENG, DESA GATTARENG TOA, KECAMATAN MARIORIWAWO KABUPATEN SOPPENG = Community Social Solidarity during The Processing of Agricultural Land in Gattareng, Village of Gattareng Toa, Subdistrict of Marioriwawo , Soppeng Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E41115302_skripsi_cover1.jpg

Download (197kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E41115302_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (576kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E41115302_skripsi_dp.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E41115302_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (902kB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi masyarakat mempertahankan solidaritas sosial dalam pengolahan lahan serta hambatan yang dihadapi masyarakat dalam mempertahankan solidaritas sosial pada pengolahan lahan.
Penelitian ini menggunakan kualitatif dengan tipe deskriptif, adapun teknik penentuan informan yang digunakan adalah Purposive Sampling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi masyarakat dalam mempertahankan solidaritas sosial adalah dengan mengedepankan tradisi dan ritual adat dalam pengolahan lahan serta kerja sama dan gotong royong yang dikedepankan dalam pengolahan lahan pertanian. Dalam petani Dusun Gattaraeng terdapat sifat masyarakat tradisional yang menjadi penguat solidaritas petani. Hambatan yang dihadapi petani dalam mempertahankan solidaritas sosial yaitu mulai tumbuhnya individualism antar petani, serta penggunaan teknologi dan orientasi ekonomi yang menggeser budaya masyarakat.
Keywords : Solidaritas Sosial, Petani, Pengolahan Lahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jul 2022 01:07
Last Modified: 15 Jul 2022 01:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17485

Actions (login required)

View Item
View Item