PERILAKU SOSIAL PENGGUNA NARKOTIKA DI KALANGAN REMAJA DESA PAI, KECAMATAN WERA, KABUPATEN BIMA = SOCIAL BEHAVIOR OF DRUG USERS IN ADOLESCENTS PAI VILLAGE, WERA DISTRICT,BIMA REGENCY


Ramlin, Ramlin (2021) PERILAKU SOSIAL PENGGUNA NARKOTIKA DI KALANGAN REMAJA DESA PAI, KECAMATAN WERA, KABUPATEN BIMA = SOCIAL BEHAVIOR OF DRUG USERS IN ADOLESCENTS PAI VILLAGE, WERA DISTRICT,BIMA REGENCY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032191002_tesis_cover1.jpg

Download (253kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E032191002_tesis_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032191002_tesis_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032191002_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
RAMLIN. Perilaku Sosial Pengguna Narkotika di Kalangan Remaja Desa Pai,Kecamatan Wera, Kabupaten Bima, (di bimbing Oleh Dr. Sakaria,S.SOS,M.Si dan Dr. Buchari Mengge, MA).
Perilaku sosial yang dilakukan oleh anak-anak remaja telah mengganggu dan mempengaruhi orang lain, bahwa adanya perilaku penyimpangan sosial yang dilakukan oleh anak remaja,telah memberikan dampak yang negatif bagi masyarakat setempat dan juga keluarganya. Penelitian ini bertujuan, (1) untuk mengetahui gambaran perilaku social pengguna narkotika di kalangan remaja. (2) untuk mengetahui perilaku social pengguna narkotika berpengaruh terhadap keluarga dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Informan yang digunakan untuk memperoleh informasi dengan 11 informan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik Penentuan Informan yaitu purposif sampling dan Snowball sampling. Kriteria informan dalam penelitian, mereka berdomisili di Desa Pai,remaja pengguna narkotika,keluarganya, mantan pengguna narkotika, tokoh masyarakat, Kapolres Kabupaten Bima dan BNN Kabupaten Bima. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, adanya perilaku sosial pengguna narkotika dikalangan remaja, telah membawa dampak yang negatif terhadap lingkungan masyarakat, karena perilaku mereka telah mengganggu dan merugikan orang banyak, sekarang, adanya pencurian, perkelahian dan juga penipuan, hal ini terjadi akibat efek dari narkotika yang remaja konsumsi. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa, (1). Gambaran perilaku remaja dalam keluarganya dan masyarakat, bahwa dalam keluarganya perilaku remaja telah mengganggu dan memalukan keluarganya. kemudian dalam masyarakat, perilaku remaja telah melanggar nilai norma yang berlaku dalam masyarakat dan mempengaruhi remaja yang lain. (2) pengaruh perilaku remaja dalam keluarga dan masyarakat, tindakan yang dilakukan remaja ini telah mempengaruhi berbagai macam aspek dalam keluarganya,yang pertama, lingkungan keluarga, kedua, faktor ekonomi, ketiga hubungan keluarganya dengan tetangganya. Pengaruh perilaku remaja dalam masyarakat telah membawa dampak yang negatif,yang pertama,lingkungan sosial/masyarakat. kedua, lingkungan teman sebaya. Ketiga, lingkungan tetangganya.
Kata Kunci : Remaja , Narkotika, Perilaku Sosial.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Jul 2022 00:48
Last Modified: 15 Jul 2022 00:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17479

Actions (login required)

View Item
View Item