STRATEGI ADAPTASI PENGUNGSI AFGANISTAN DI KOTA MAKASSAR = ADAPTATION STRATEGY FOR AFGHAN REFUGEES IN MAKASSAR CITY


Ahdiyanti, Istika (2020) STRATEGI ADAPTASI PENGUNGSI AFGANISTAN DI KOTA MAKASSAR = ADAPTATION STRATEGY FOR AFGHAN REFUGEES IN MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032182001_tesis_cover1.jpg

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E032182001_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032182001_tesis_dp.pdf

Download (512kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032182001_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ISTIKA AHDIYANTI. Strategi Adaptasi Pengungsi Afganistan di Kota Makassar ( dibimbing oleh H.M.Tahir Kasnawi dan M.Ramli AT)

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan menganalisis 1. strategi adaptasi pengungsi Afganistan selama di Kota Makassar 2. menganalisis hambatan-hambatan pengungsi Afganistan dalam beradaptasi di Kota Makassar
Penelitian ini dilakukan, di pondok Nugraha, jl. Daeng tata, Blok 4F No.88, kel, Bonto Duri. Kec Tamalate, Makassar Sulawesi Selatan. Metode yang di gunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif, teknik purposive sampling dengan menggunakan pendekatan studi kasus dan mewawancarai 16 informan.
Hasil penelitian menujukan bahwa dalam strategi adaptasi pengungsi Afganistan, pengungsi menyusun strategi kedalam tiga tahap strategi adaptasi, strategi yang pertama di bidang sosial di tahap sosial pengungsi membaginya menjadi dua tahap strategi yakni strategi awal meliputi Mencari pengungsi yang berasal dari Afganistan dan melakukan sosialisasi kemudian di tahap kedua yaitu strategi perkembangan pengungsi menyusun strategi yang meliputi: Ikut berbaur dengan aktivitas yang terjadi di lingkungan pengungsi dan lingkungan masyarakat, dan Mengedepankan sifat toleransi. Pada tahapan kebudayaan pengungsi Afganistan menyusun berstrategi dengan cara mengadopsi dan mengikuti beberapa budaya masyarat lokal. Sedangkan pada tahapan ekonomi pengungsi berstrategi dengan cara membentuk suatu hubungan melalui hubungan relasi yang bersifat saling menguntukang satu sama lain. Dalam hambatan beradaptasi pengungsi mengalami beberapa hambatan di antara pengungsi sulit beradaptasi karena adanya perbedaan bahas, perlakuan dikriminasi masyarakat, dan banyaknya perbedaan disisi budaya.
Keywords : Strategi adaptasi, Pengungsi dan Afganistan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Jul 2022 07:38
Last Modified: 14 Jul 2022 07:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17474

Actions (login required)

View Item
View Item