Gaya Bahasa Sindiran dalam Pojok "Mang Usil" pada Surat Kabar Kompas = Satire Language Style in the Corner "Mang Usil" in Kompas


Aeni, Nur (2010) Gaya Bahasa Sindiran dalam Pojok "Mang Usil" pada Surat Kabar Kompas = Satire Language Style in the Corner "Mang Usil" in Kompas. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F11115306_skripsi_cover1.jpg

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F11115306_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (907kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F11115306_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F11115306_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
NUR AENI. “Gaya Bahasa Sindiran dalam Pojok “Mang Usil” pada Surat Kabar Kompas” (dibimbing oleh Lukman dan Kaharuddin).
Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan jenis-jenis gaya bahasa sindiran yang digunakan dalam pojok “Mang Usil” dan (2) untuk mengetahui maksud gaya bahasa sindiran dalam pojok “Mang Usil” yang dimuat pada surat kabar Kompas. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teori gaya bahasa. Objek penelitian ini adalah jenis-jenis gaya bahasa sindiran dan maksud gaya bahasa sindiran yang terdapat dalam kolom pojok Mang Usil pada surat Kabar Kompas. Adapun metode pengumpulan data dilakukan melalui penelitian pustaka dan penelitian lapangan dengan menggunakan metode simak dan teknik catat. Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini ditemukan lima jenis gaya bahasa sindiran yang digunakan dalam pojok “Mang Usil” pada surat kabar Kompas edisi bulan Januari sampai Februari 2020. Jenis gaya bahasa sindiran tersebut adalah: (1) gaya bahasa ironi, (2) gaya bahasa sinisme, (3) gaya bahasa sarkasme, (4) gaya bahasa satire, dan (5) gaya bahasa inuendo. Untuk menentukan data jenis-jenis gaya bahasa sindiran tersebut, dapat diketahui dengan menyesuaikannya dengan teori yang dipakai yaitu mengenai jenis-jenis gaya bahasa sindiran. Adapun maksud penggunaan dari gaya bahasa sindiran dalam kolom pojok Mang Usil pada surat kabar Kompas, yaitu untuk menyindir, mengkritik, mengejek, mengecam, serta menyindir dan mengkritik pihak-pihak tertentu yang menjadi sasaran pojok Mang Usil. Maksud-maksud tersebut dapat diketahui dengan melihat konteks yang relevan dengan komentar atau tuturan tersebut.

Kata Kunci: gaya bahasa, pojok Mang Usil, komentar Mang Usil, surat kabar Kompas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Indonesia
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:59
Last Modified: 13 Jul 2022 04:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17458

Actions (login required)

View Item
View Item