Dampak Perang Dagang Amerika Serikat (AS) - Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Terhadap Perekonomian ASEAN = The Impact of Trade War Between The United States – People’s Republic of China on The ASEAN Economy


Wasti, Pipria Hizkia (2020) Dampak Perang Dagang Amerika Serikat (AS) - Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Terhadap Perekonomian ASEAN = The Impact of Trade War Between The United States – People’s Republic of China on The ASEAN Economy. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061171513_skripsi_cover1.jpg

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061171513_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (980kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061171513_skripsi_dp.pdf

Download (454kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061171513_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Pipria Hizkia Wasti. 2017. E061171513. “Dampak Perang Dagang Amerika Serikat (AS) - Republik Rakyat Tiongkok (RRT) terhadap Perekonomian ASEAN”. Pembimbing I: Drs. Patrice Lumumba, MA. Pembimbing II: H. Abdul Razaq Z. Canggara, S.IP., M.Si., MIR. Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa yang mendasari terjadinya perang dagang Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok di masa pemerintahan presiden Donald Trump dan dampaknya terhadap perekonomian ASEAN.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah tipe penelitian deskriptif analitik yang menggambarkan dan menguraikan data, fakta, dan argument relevan terhadap pembahasan. Penelitian ini menyajikan teknik studi pustaka untuk meninjau data sekunder yang diperoleh melalui literature buku, artikel ilmiah, dokumen, jurnal, surat kabar, majalah dan informasi akurat dari internet. Penulis mengelola penelitian ini menggunakan teknik analisis deduktif kualitatif untuk menggambarkan dan menjelaskan permasalahan penelitian secara umum, kemudian menarik kesimpulan secara khusus sehingga menghasilkan analisis yang tepat.
Hasil penelitian menunjukkan perang dagang antara Amerika Serikat – Republik Rakyat Tiongkok didasari oleh kebijakan pemerintah Amerika Serikat mengenakan tarif tambahan pada produk impor dari Republik Rakyat Tiongkok dan pemberian sanksi yang kemudian menimbulkan tindakan pembalasan dari pemerintah Republik Rakyat Tiongkok. Adapun wujud dampak perang antara Amerika Serikat dan Republik Rakyat Tiongkok terhadap perekonomian ASEAN di bidang investasi asing langsung adalah membuat arus investasi asing langsung dari Republik Rakyat Tiongkok dan Amerika Serikat ke ASEAN menjadi menurun dan tidak stabil. Di bidang ekpor-impor, presentase pertumbuhan ekspor-impor ASEAN mengalami penurunan. Tentu hal ini berdampak pada pertumbuhan ekonomi ASEAN yang menjadi menurun karena bidang ekspor-impor dan investasi asing langsung termasuk dalam faktor-faktor yang dijadikan sebagai alat penggerak bagi pertumbuhan ekonomi ASEAN.
Keywords : Dampak, Perang Dagang, Amerika Serikat, Republik Rakyat Tiongkok, ASEAN, Investasi Asing Langsung, Ekspor-Impor, Pertumbuhan Ekonomi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:54
Last Modified: 13 Jul 2022 04:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17451

Actions (login required)

View Item
View Item