Kerja Sama Indonesia - Korea Selatan Dalam Upaya Mewujudkan Kemandirian Alat Utama Sistem Senjata Indonesia = Indonesia - South Korea Cooperation in Efforts to Realize the Independence of Indonesia's Main Weapon System


Arafah, Muh. Andika Marsiyandi (2021) Kerja Sama Indonesia - Korea Selatan Dalam Upaya Mewujudkan Kemandirian Alat Utama Sistem Senjata Indonesia = Indonesia - South Korea Cooperation in Efforts to Realize the Independence of Indonesia's Main Weapon System. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061171321_skripsi_cover1.jpg

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061171321_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (655kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061171321_skripsi_dp.pdf

Download (453kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061171321_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Andika Marsiyandi Arafah, “Kerja sama Indonesia – Korea Selatan Dalam Upaya Mewujudkan Kemandirian Alat Utama Sistem Senjata Indonesia” dibawah bimbingan Agussalim selaku pembimbing I dan Burhanuddin selaku pembimbing II, Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui kepentingan Indonesia dan Korea Selatan dalam kerja sama di bidang pertahanan serta dampanya terhadap kemandirian alat utama sistem senjata Indonesia. Untuk mencapai tujuan tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis dengan menggunakan data yang diperoleh melalui studi pustaka dan wawancara secara daring. Dalam menganalisis data tersebut, digunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepentingan yang dimiliki oleh Indonesia adalah pengejaran terhadap kemandirian alutsista, sementara Korea Selatan ingin memajukan dan memasarkan alutsista dalam negerinya. Pengaruh kerja sama Indonesia – Korea Selatan terhadap kemandirian alutsista Indonesia cukup berpengaruh dimana Indonesia berhasil membangun kapal selam pertamanya serta technology readiness level Indonesia naik dua level pada industri dirgantaranya.
Kata Kunci:alutsista, industri pertahanan, kerja sama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:53
Last Modified: 13 Jul 2022 04:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17450

Actions (login required)

View Item
View Item