Kerjasama Transnasional antara ActionAid dan Yayasan Sikola Mombine untuk Penanganan Korban Bencana Tsunami di Palu = Transnational Cooperation between ActionAid and Yayasan Sikola Mombine for Handling Tsunami Victims in Palu


Rahmatia, Rahmatia (2021) Kerjasama Transnasional antara ActionAid dan Yayasan Sikola Mombine untuk Penanganan Korban Bencana Tsunami di Palu = Transnational Cooperation between ActionAid and Yayasan Sikola Mombine for Handling Tsunami Victims in Palu. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061171312_skripsi_cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061171312_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061171312_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (26kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061171312_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Rahmatia, E061171312, “Kerjasama Transnasional antara ActionAid dan Yayasan Sikola Mombine untuk Penanganan Korban Bencana Tsunami di Palu” dibawah bimbingan H. Darwis, MA., Ph.D selaku pembimbing I dan Bama Andika Putra, S.IP., M.IR selaku pembiming II, pada Departermen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin. Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk mengetahui dan memahami bentuk kerjasama transnasional yang terjalin antara ActionAid dan Yayasan Sikola Mombine dalam penanganan korban bencana tsunami di Palu serta dampak dan pengaruh dari kerjasama tersebut. Adapun metode penelitian yang digunakan penulis dalam menyusun skripsi ini yaitu jenis penelitian kualitatif dan dengan teknik analisis data kualitatif. Pemilihan metode penelitian tersebut bertujuan untuk membantu penulis dalam memperoleh data dan menganalisisnya sehingga dapat menjawab rumusan masalah dari penelitian ini. Data-data yang diperoleh oleh penulis bersumber dari literatur-literatur yang relevan dengan topik dan pokok permasalahan penelitian yang penulis dapatkan dari buku-buku, dokumen, jurnal, artikel, dan berita yang diakses melalui internet. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan, bentuk kerjasama transnasional yang terjalin antara ActionAid dan Yayasan Sikola Mombine merupakan bentuk kerjasama kemitraan. Kemitraan yang terjalin tersebut dihubungkan oleh aktor lain, yaitu YAPPIKA yang merupakan anggota federasi ActionAid dan sebagai organisasi non pemerintah yang berbasis di Indonesia. Kemitraan tersebut dijalin untuk menangani berbagai permasalahan, khususnya isu kemanusiaan, yang timbul akibat dari bencana alam yang terjadi di Kota Palu dan beberapa wilayah terdampak lainnya. Hubungan kemitraan ini memberikan dampak yang sangat besar bagi para korban terdampak. Salah satunya yaitu penangan bencana dapat dilakukan lebih cepat dan tepat sasaran, yaitu kepada korban-korban yang sangat membutuhkan uluran bantuan. Selain itu, dengan adanya keterlibatan NGO dalam penaganan bencana ini, pemerintah dan lembaga pemerintah lainnya merasa sangat terbantu dalam menyelesaikan permasalahan lain yang sulit atau belum menjadi perhatian pemerintah.
Kata Kunci: ActionAid, Yayasan Sikola Mombine, Kerjasama Transnasional, Penanganan Bencana Alam, Kota Palu, NGO, Track II Diplomacy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:53
Last Modified: 13 Jul 2022 04:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17446

Actions (login required)

View Item
View Item