PENGARUH INISIATIF EVERYTHING BUT ARMS (EBA) TERHADAP HUBUNGAN KAMBOJA - UNI EROPA = THE INFLUENCE OF THE EVERYTHING BUT ARMS (EBA) INITIATIVE ON CAMBODIA AND EUROPEAN UNION RELATIONS


Ainun, Hasri (2021) PENGARUH INISIATIF EVERYTHING BUT ARMS (EBA) TERHADAP HUBUNGAN KAMBOJA - UNI EROPA = THE INFLUENCE OF THE EVERYTHING BUT ARMS (EBA) INITIATIVE ON CAMBODIA AND EUROPEAN UNION RELATIONS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061171307_skripsi_cover1.jpg

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061171307_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061171307_skripsi_dp.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061171307_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Hasri Ainun, E061171307, dengan judul skripsi “Pengaruh Inisiatif Everything But Arms (EBA) Terhadap Hubungan Kamboja - Uni Eropa” di bawah bimbingan Ishaq Rahman, S.IP, M.Si. selaku Pembimbing I dan Nurjannah Abdullah, S.IP, MA selaku Pembimbing II, pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inisiatif EBA terhadap hubungan Kamboja dan Uni Eropa di bidang ekonomi dan politik. Dalam mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian dengan tipe deskriptif-analitik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik pengumpulan data berbasis telaah pustaka (library research) yang kemudian menghimpun data sekunder. Penulis menganalisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif dengan metode penulisan deduktif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inisiatif EBA berpengaruh terhadap hubungan Kamboja dan Uni Eropa di bidang ekonomi dan politik. Di bidang ekonomi, inisiatif EBA berperan sebagai katalis dalam meningkatkan perdagangan keduanya, utamanya Kamboja sebagai penerima preferensi EBA yang bebas mengakses pasar UE. Di bidang politik, hubungan Kamboja dan UE mengalami degradasi ketika UE memutuskan untuk menarik sebagian preferensi EBA di Kamboja karena masalah HAM dan demokrasi yang semakin memprihatinkan di Kamboja.
Keywords : EBA, Preferensi Perdagangan, Perdagangan Ekspor, Kamboja, Uni Eropa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Hubungan Internasional
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:21
Last Modified: 13 Jul 2022 02:21
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17445

Actions (login required)

View Item
View Item