Penggunaan Bahasa Argot Prancis dalam Fanpage Facebook Pèse sur Start = The Use of French Argot in Facebook Fanpage Pèse sur Start


Satria, Moehammad Dayan (2021) Penggunaan Bahasa Argot Prancis dalam Fanpage Facebook Pèse sur Start = The Use of French Argot in Facebook Fanpage Pèse sur Start. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F31115304_skripsi_cover1.jpg

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F31115304_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F31115304_skripsi_dp.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F31115304_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Skripsi ini berjudul “Penggunaan Bahasa Argot Prancis dalam Fanpage Facebook Pèse sur Start “. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apa saja tipe kosa-kata argot yang digunakan dalam fanpage facebook Pèse sur Start dan fungsinya.
Penelitian ini menggunakan teknik catat menggunakan tabel data dengan menggunakan teori bahasa argot Louis Jean Calvet. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan dalam fanpage facebook Pèse sur Start. Objek penelitian yang diteliti oleh peneliti merupakan kosa kata yang terletak pada fanpage facebook Pèse sur Start.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe pembentukan kosa-kata argot Prancis yang digunakan ada 8 tipe yaitu, pemenggalan, pengimbuhan, penggantian, l’argonji, verlan, peminjaman, adaptasi, dan ciptaan murni. Adapun fungsi argot adalah sebagai identitas diri suatu individu atau kelompok dalam masyarakat, alat bermain-main, bahasa rahasia, dan untuk ekonomisasi bahasa
Keywords : argot, fanpage facebook, l’argonji, pemenggalan, verlan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Prancis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Jul 2022 02:12
Last Modified: 13 Jul 2022 02:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17427

Actions (login required)

View Item
View Item