THE EFFECTIVENESS OF USING ENGLISH IN MENUS


Chandra, Bernard Reynaldi (2021) THE EFFECTIVENESS OF USING ENGLISH IN MENUS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041171325_skripsi_cover1.jpg

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041171325_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (874kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041171325_skripsi_dp.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041171325_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Bernard Reynaldi Chandra, 2021, The Effectiveness of Using English in Menus, dibimbing oleh Abdul Hakim Yassi and Karmila Mokoginta

Penelitian ini berutujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan bahasa Inggris untuk menu pada rumah makan. Maka dari itu, penulis memiliki dua pertanyaan yang mendasari pernyataan tersebut: 1) apakah menu yang ditulis dalam bahasa Inggris dapat dikatakan lebih efektif daripada menu yang menggunakan bahasa Indonesia, dan 2) diantara dua bahasa yang disebut, bahasa mana yang terdengar lebih familiar bagi responden dalam hal membaca suatu menu.
Dalam menganalisis data, penulis melakukan pendekatan dengan menggunakan metode desain kualitatif. Penulis berhasil mengumpulkan responden sebanyak 100 orang dari kota Makassar yang berusia 18-43 tahun. Data dikumpulkan dengan memberikan responden beberapa pertanyaan menggunakan metode open-ended dan close-ended melalui google form. Hasil dari form tersebut kemudian diuraikan dengan mengelompokkan responden berdasarkan umur.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa mayoritas dari responden memutuskan bahwa bahasa Inggris dapat dikatakan efektif untuk memancing kostumer dengan beberapa alasan. Mayoritas responden mengatakwn bahwa penggunaan bahasa Inggris dapat membantu suatu restauran untuk memperkenalkan makanan lokal kepada turis yang berkunjung. Lagi, bahasa Inggris dikatakan dapat memancing rasa penasaran kepada kostumer. Selain hasil diatas, penelitian ini mendapatkan hasil bahwa responden lebih familiar dengan menu yang dituliskan dalam bahasa Inggris. Ini menyatakan bahwa penggunaan bahasa Inggris dalam menu dalat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: familiaritas, efektifitas, menu.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:37
Last Modified: 13 Jul 2022 01:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17410

Actions (login required)

View Item
View Item