Tindak Tutur yang digunakan oleh Tokoh Utama dalam Film Sherlock Holmes: A Study in Pink (Studi Pragmatik)


Anisa, Rinta (2021) Tindak Tutur yang digunakan oleh Tokoh Utama dalam Film Sherlock Holmes: A Study in Pink (Studi Pragmatik). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F041171001_skripsi_cover1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F041171001_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F041171001_skripsi_dp.pdf

Download (449kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F041171001_skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
RINTA ANISA. Tindak Tutur yang digunakan oleh Tokoh Utama dalam Film Sherlock Holmes: A Study in Pink (Studi Pragmatic). Dibimbing oleh Simon Sitoto dan Karmila Mokoginta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskipsikan jenis-jenis tindak tutur yang digunakan oleh tokoh utama dalam film Sherlock Holmes: A Study in Pink dan untuk menjelaskan makna sebenarnya dari ujaran yang digunakan oleh tokoh utama dalam film Sherlock Holmes: A Study in Pink.
Penelitian ini dlaksanakan dengan menggunakan metode kualitatif. Penulis menggumpulkan data dengan menonton dan membaca naskah film. Kemudian data yang terpilih diklasifikasikan sesuai dengan jenis ilokusinya. Setelah itu penulis menginterpretasikan makna dari data tersebut berdasarkan konteks.
Berdasarkan hasil dari data analisis, penulis menemukan bahwa terdapat dua jenis tindak ilokusi secara langsung yaitu, asertif dan direktif. Sedangkan pada tindak ilokusi tidak langsung terdapat empat jenis tindak ilokusi. Tindak ilokusi tersebut adalah asertif, direktif, komisif, dan ekspresif. Dalam ilokusi asertif, makna yang ditemukan adalah memastikan, menjelaskan, menyangkal, menyetujui, menginformasikan, membenarkan, memprediksikan, mengonfirmasi, mengklaim, membanggakan diri, memperkenalkan, melaporkan, meyakinkan, dan mengklarifikasi. Makna yang terdapat pada jenis ilokusi direktif adalah meminta, memerintah, meminta izin, menyuruh, mengingatkan, memohon, mengeluh, dan menyarankan. Kemudian, makna yang terdapat pada jenis ilokusi komisif adalah menolak, menawarkan, dan mengancam. Dan yang terakhir adalah jenis ilokusi ekspresi, makna yang ditemukan pada jenis ini adalah menyukai, mengejek, menghina, dan bangga.

ABSTRACT
RINTA ANISA. Illocutionary Acts Used by Main Character in Sherlock Holmes Movie: A Study in Pink (Pragmatic Study), supervised by Simon Sitoto and Karmila Mokoginta.
The aims of this study are to describe the types of illocutionary acts used by the main character in Sherlock Holmes Movie: A Study in Pink and to explain the meanings of the utterances.
The study was conducted by using the qualitative method. The writer collected the data by watching and reading the movie script. The selected data were classified based on the types of illocutionary acts. Then, the writer interpreted the meaning of the data based on the context.
Based on the results of data analysis, the writer found that direct illocutionary acts only have two types of illocutionary acts, assertive and directive. Indirect illocutionary acts have four types of illocutionary acts. They are assertive, directive, commissive, and expressive. In assertive illocutionary acts, the meanings are ensuring, explaining, denying, agreeing, informing, justifying, predicting, ascertaining, confirming, claiming, boasting, introducing, reporting, convincing, and clarifying. The meanings in directive illocutionary acts are requesting, commanding, permitting, asking permission, ordering, reminding, begging, complaining, and suggesting. Next, the meanings in commissive illocutionary acts are refusing, offering, and threatening. Last type of illocution is expressive, which contains the meaning of liking, mocking, insulting, and praising.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Film Sherlock Holmes, tindak tutur, makna, konteks. Keywords: Sherlock Holmes movie, Illocutionary acts, meaning, context.
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa Inggris
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 13 Jul 2022 01:28
Last Modified: 13 Jul 2022 01:28
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17394

Actions (login required)

View Item
View Item