Shiyagh Fi'il al-Amr wa Isti'malatuha fii Surah al-Maidah (Dirasah Tahliliyyah Sharfiyyah)


Irwan, Izhar Muwafiq (2021) Shiyagh Fi'il al-Amr wa Isti'malatuha fii Surah al-Maidah (Dirasah Tahliliyyah Sharfiyyah). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F41115015_skripsi_cover1.jpg

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F41115015_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F41115015_skripsi_dp.pdf

Download (293kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F41115015_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Skripsi ini membahas tentang Shiyag Fi’il ‘Amr wa Ma’aaniiha fii Surah al-Maidah “Study Analisis Sharf”. Pembahasan pokok yang dibahas oleh penulis dalam skripsi ini adalah: apa bentuk Amr dalam surah al-Maidah.
Penelitian ini merupakan penelitian pustaka. Sedangkan variabel dalam penelitian ini adalah bentuk fiil amr dan penggunaannya. Adapun variabel ini akan diteliti dalam surah al-Maidah. Metode deduktif merupakan metode penelitian yang akan digunakan oleh penulis dalam penelitian ini dengan merujuk pada teori-teori yang berkaitan dengan judul. Adapun tahapan-tahapannya, yaitu: a) merujuk kepada sumber-sumber utama, yaitu al-Quran Karim, buku-buku sumber yang membahas tentang bentuk fiil amr dan penggunaanya dan yang berkaitan dengan itu, seperti: buku Balaghah, buku Tafsir, Mujam dan Kamus; b) membaca bacaan yang berfokus pada data-data yang berkaitan dengan judul penelitian; c) mengumpulkan data-data yang memiliki kaitan erat dengan judul penelitian ini beserta klarifikasinya dengan mempertimbangkan tema-tema yang sesuai; d) mendata ayat al-Quran dengan menyebutkan surah dan nomor ayatnya. Sedangkan metode Analisis digunakan untuk menganalisis data variabel tentang bentuk fiil amr dan penggunaannya dalam surah al-Maidah. Dan dalam metode ini terdapat beberapa tahap, yaitu: a) menampilkan permasalahan yang berkaitan dengan judul dengan menyebutkan pendapat para pakar; b) menyebutkan dalil setiap pendapat dari tiap kitab, dan sumber-sumber linguistik dan Balaghah; c) menyimpulkan permasalahan yang berkaitan dengan penelitian, dengan mempertimbangkan pendapat para pakar dan dalil-dalil serta mengutamakan yang lebih jelas tingkat kebenarannya tanpa menitikberatkan ke pendapat tertentu atau terikat kepada mazhab tertentu.
Berdasarkan hasil penelitian tentang bentu-bentuk fiil amr dan penggunaannya dalam surah al-Maidah Study Analisis Sharf, penulis mendapati dalam surah al-Maidah beberapa bentuk fiil amr, yaitu terdapat 51 ayat dalam surah al-Maidah, yaitu: 49 ayat dari fiil amr dengan bentuk افعل”, 2 ayat dari fi’il mudhori’ yang bersambung dengan lam ‘amr dengan bentuk “لتفعل”, 1 ayat dengan bentuk isim fi’il ‘amr, dan tidak terdapat satupun ayat dari bentuk masdar pengganti dari fi’il ‘amr.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Shiyagh Fi'il al-Amr, Surah al-Maidah, Sharf
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Asia Barat
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:45
Last Modified: 07 Jul 2022 02:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17379

Actions (login required)

View Item
View Item