Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Tokoh Gervaise dalam L'Assomoir Karya Emile Zola = The Influence of Social Environment on Gervaise's Behavior in Emile Zola's L'Assomoir


Syarifuddin, Nabila (2021) Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Tokoh Gervaise dalam L'Assomoir Karya Emile Zola = The Influence of Social Environment on Gervaise's Behavior in Emile Zola's L'Assomoir. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F051171510_skripsi_cover1.jpg

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F051171510_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (842kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F051171510_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F051171510_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK
NABILA SYARIFUDDIN (F051171510) “Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Perilaku Gervaise dalam L’assomoir Karya Emile Zola”, di bawah bimbingan Dr. Prasuri Kuswarini, M.A. dan Dr. Andi Faisal, S.S., M.hum.

Penelitian ini dilandasi oleh perspektif bahwa karya sastra lahir sebagai refleksi bagaimana suatu lingkungan dapat mempengaruhi perilaku individu. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan latar yang terdapat pada novel L’ssomoir, memberikan gambaran mengenai perilaku tokoh Gervaise dan pengaruh lingkungan sosial terhadap perilaku tokoh utama, Gervaise.
Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu unsur-unsur intrinsik sastra dalam hal ini, latar, tokoh penokohan, perubahan perilaku serta teori sosiologi sastra Ian Watt yang berfokus pada fungsi sastra sebagai cerminan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Data berupa kata, frasa, kalimat dan paragraf yang berkaitan dengan penggambaran prubahan perilaku tokoh utama, yaitu Gervaise.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sosial sangat memberikan pengaruh terhadap perubahan perilaku individu. Penelitian ini menunjukkan perubahan perilaku-perilaku Gervaise di akhir cerita yang mengarah pada hal-hal yang negatif. Diantaranya ialah Gervaise menjadi pemalas, pemabuk, kehilangan rasa malu, mudah menyerah dan berselingkuh. Hal-hal tersebut terjadi karena latar sosialnya yang terdiri dari pemabuk, kemiskinan, perselingkuhan, penggosip, dan keborosan yang terus menerus terjadi di lingkungan Gervaise.
Keywords : Lingkungan Sosial, Pengaruh, Perilaku Individu, Tokoh Utama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Prancis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:13
Last Modified: 07 Jul 2022 02:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17365

Actions (login required)

View Item
View Item