Ketersediaan Prasarana untuk Mendukung Kinerja Tenaga Kependidikan Agro Kompleks di Universitas Hasanuddin


Suratman, Wahyudie (2022) Ketersediaan Prasarana untuk Mendukung Kinerja Tenaga Kependidikan Agro Kompleks di Universitas Hasanuddin. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P082202002_tesis_27-06-2022 cover1.png

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P082202002_tesis_27-06-2022 1-2.pdf

Download (954kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P082202002_tesis_27-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P082202002_tesis_27-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

WAHYUDIE SURATMAN. Ketersediaan Prasarana untuk Mendukung Kinerja Tenaga Kependidikan Agro Kompleks di Universitas Hasanuddin (dibimbing oleh Rosady Mulyadi dan Idawarni J. Asmal).
Prasarana merupakan komponen penting dan utama dalam berjalannya kegiatan pekerjaan di Agro Kompleks Universitas Hasanuddin. Pekerjaan tidak dapat diselesaikan dengan cepat dan mudah oleh tenaga kependidikan tanpa adanya bantuan dari prasarana yang memadai. Oleh karena itu, adanya prasarana tentu akan mempengaruhi hasil kinerja tenaga kependidikan. Jadi, ketersediaan prasarana sangat berpengaruh terhadap kinerja tenaga kependidikan di Agro Kompleks Universitas Hasanuddin. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis apakah prasarana yang ada di Agro Komplek Universitas Hasanuddin telah memenuhi standar prasarana dari Standar Pendidikan Nasional (SPN), (2) untuk mengetahui dan menganalisis persepsi tenaga kependidikan terhadap prasarana yang ada di Agro Kompleks Universitas Hasanuddin, dan (3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh prasarana yang ada di Agro Komplek Universitas Hasanuddin terhadap kinerja tenaga kependidikan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif korelasional. Peneliti memilih lokasi penelitian di Rumpun Agro Kompleks Universitas Hasanuddin yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan km 10, Tamalanrea Indah, Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan. Adapun waktu penelitian dilaksanakan selama 6 bulan terhitung dari bulan Juli 2021 sampai dengan bulan Desember 2021. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin, dan didapat hasil sampel 64 orang. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dan dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan bantuan program Statistical Packages for Social Sciences (SPSS) release 23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prasarana yang ada di Agro Komplek Universitas Hasanuddin telah memenuhi standar prasarana dari SPN, (2) persepsi tenaga kependidikan terhadap prasarana yang ada di Agro Komplek Universitas Hasanuddin tergolong sangat baik, dan (3) terdapat pengaruh prasarana (gedung, ruang kerja, penerangan, meubel, alat komunikasi, alat penyegar ruangan dan alat rumah tangga kantor) yang ada di Agro Komplek Universitas Hasanuddin terhadap kinerja tenaga kependidikan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah prasarana yang ada di Agro Kompleks Universitas Hasanuddin dalam kondisi sangat baik, serta persepsi tenaga kependidikan terhadap prasarana juga tergolong baik, dan pengaruh antara ketersediaan prasarana dan kinerja sangat signifikan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: prasarana, kinerja, tenaga kependidikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Teknik Perencanaan Prasarana
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 07 Jul 2022 02:00
Last Modified: 07 Jul 2022 02:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17360

Actions (login required)

View Item
View Item