Makna Elong Mattedu Arajang Pada Upacara Mappalili Tinjauan Semiotika = The Meaning of Elong Mattedu Arajang in the Mappalili Ceremony of Semiotics Review


Rasyid, Siti Fatima (2020) Makna Elong Mattedu Arajang Pada Upacara Mappalili Tinjauan Semiotika = The Meaning of Elong Mattedu Arajang in the Mappalili Ceremony of Semiotics Review. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F51115506_skripsi_cover1.jpg

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F51115506_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F51115506_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (151kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F51115506_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Skripsi ini berjudul “Makna Elong Mattedu Arajang Pada Upcara Mappalili Tinjaun Semiotika Halliday”, Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna yang terkandung berdasarkan situasi tuturan dan menyatakan konteks situasi yang terdiri dari medan wacana, pelibat wacana, dan sarana wacana di dalam elong tersebut. Penelitian ini bersifat deskriktif kualitatif dengan menyajikan data-data dan menganalisis secara deskriktif. Penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan menyajikan data-data dan menjelaskannya secara deskriptif dengan dengan menerapkan teori Semiotika M.A.K Halliday.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Makna yang terkandung dalam elong matteddu arajang sebagaimana mengambarkan dan merefleksikan tentang keadaan alam berdasarkan apa yang diamati dari alam itu sendiri dan pujian yang dipanjatkan sebagai ungkapan perasaan atas rasa syukur kepada yang maha kuasa yang disimbolkan terhadap alam. 2). Ditemukan jenis-jenis wacana yaitu, medan wacana, pelibat wacana dan sarana wacana. Medan wacana menunjukkan pada kegiatan tata adat upacara pada Dewata yang dilakukan Bissu dalam upacara mappalili, sedangkan pelibat wacana terdapat beberapa pelibat antara lain ialah Bissu, Dewata, dan Masyarakat Segeri dan sarana wacana yaitu bagian bah asa yang sedang dimainkan oleh pelibat wacana dalam melantunkan syair teks elong mattedu arajang, terdapat beberapa gaya bahasa yang ditemukan yakni gaya bahasa Alegori, Aliterasi, Repetisi, Alusio, Simile.
Keywords : Elong Mattedu Arajang, Makna, Wacana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:51
Last Modified: 06 Jul 2022 00:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17356

Actions (login required)

View Item
View Item