Analisis Penetapan Harga Produk Pempek Terhadap Pendapatan Penjualan (Studi Kasus Pada UMKM di Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar)


Agung, Firyal Nada Salsabila (2022) Analisis Penetapan Harga Produk Pempek Terhadap Pendapatan Penjualan (Studi Kasus Pada UMKM di Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L041181331_skripsi_27-06-2022 cover1.png

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L041181331_skripsi_27-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L041181331_skripsi_27-06-2022 dp.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L041181331_skripsi_27-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Harga merupakan satu-satunya dari elemen bauran pemasaran yang dapat menghasilkan pendapatan bagi suatu usaha, sehingga kebijakan dalam menentukan metode penetapan harga yang digunakan menjadi hal yang penting bagi pihak usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode penetapan harga terhadap pendapatan UMKM Pempek di Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian survey. Populasi dan sampel pada penelitian ini merupakan 4 UMKM Pempek yang terletak di Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Jenis sumber data yang digunakan ialah data primer dan data sekunder. Adapun penggunaan metode analisis data penelitian ini ialah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 75% UMKM Pempek di Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar memilih untuk menerapkan penetapan harga berbasis persaingan atau pasar dan 50% UMKM memilih untuk menggunakan metode at-market pricing. Adapun penetapan harga berbasis persaingan atau pasar dengan metode below-market pricing menjadi metode yang menghasilkan pendapatan penjualan paling besar dari metode lainnya, dengan total pendapatan sebesar Rp. 73.918.000. Hal ini menunjukkan bahwa, penetapan harga berbasis persaingan atau pasar dengan metode below-market pricing yang diterapkan berimbas pada tingginya volume penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pempek, Penetapan Harga, Pendapatan
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan > Sosek Perikanan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:38
Last Modified: 04 Jul 2022 02:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17348

Actions (login required)

View Item
View Item