SAPAAN BAHASA MAKASSAR KEPADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DI KELURAHAN PARANG LOE KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR (TINJAUAN PRAGMATIK) = GREETING LANGUAGE MAKASSAR TO BASIC SCHOOL-AGE CHILDREN IN THE FAMILY ENVIRONMENT IN PARANG LOE KELURAHAN KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR (PRAGMATIC REVIEW)


Khalifah, Ahmad Fausi (2021) SAPAAN BAHASA MAKASSAR KEPADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DALAM LINGKUNGAN KELUARGA DI KELURAHAN PARANG LOE KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR (TINJAUAN PRAGMATIK) = GREETING LANGUAGE MAKASSAR TO BASIC SCHOOL-AGE CHILDREN IN THE FAMILY ENVIRONMENT IN PARANG LOE KELURAHAN KECAMATAN TAMALANREA KOTA MAKASSAR (PRAGMATIC REVIEW). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F51115303_skripsi_cover1.jpg

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F51115303_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (900kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F51115303_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F51115303_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan makna sapaan bahasa Makassar antara keluarga Makassar dengan anak usia sekolah dasar di kelurahan Parang Loe Kecamatan Tamalanrea Kota Makassar. Penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan menyajikan data-data dan menjelaskannya secara deskriptif dengan menggunakan teori pragmatik. Teknik pengumpulan data yang digunakan ada 2 yaitu penelitian pustaka dan penelitian lapangan dengan menggunakan teknik simak dan catat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk sapaan dan makna di dalam sapaan tersebut antara kelurga Makassar dengan anak usia sekolah dasar bentuknya yaitu kata dan frasa, sedangkan maknanya berupa motivasi dengan kata-kata berkonotasi positif, motivasi dengan kata-kata berkonotasi negatif dan deskripsi fisik. Sapaan yang ditemukan pada penelitian ini adalah Caradde, Talekang, Dompalak, Balala, Jabe, Botto, Banna, Cukku ulu, Gariting, Cippe, Battalak, Poknyak, Le’leng, Roso, Caddi, Gammarak, dan Dattulu. Selain itu juga ditemukan adanya konteks di dalam sapaan yang dituturkan keluarga Makassar kepada anak usia sekolah dasar tersebut yaitu konteks formal dan konteks non formal.
Keywords : Sapaan; Pragmatik; Keluarga Makassar; Bahasa Makassar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Bugis-Makassar
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:50
Last Modified: 06 Jul 2022 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17342

Actions (login required)

View Item
View Item