PERAN INTELIJEN KEJAKSAAN NEGERI MAKASSAR DALAM UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG = THE ROLE OF THE MAKASSAR STATE PROSECUTOR'S INTELLIGENCE IN EFFORTS TO COLLECT THE CRIME OF MONEY LAUNDERING


Sutrisno, Alif Thaariq (2021) PERAN INTELIJEN KEJAKSAAN NEGERI MAKASSAR DALAM UPAYA PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA PENCUCIAN UANG = THE ROLE OF THE MAKASSAR STATE PROSECUTOR'S INTELLIGENCE IN EFFORTS TO COLLECT THE CRIME OF MONEY LAUNDERING. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171626_skripsi cover1.jpg

Download (257kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171626_skripsi bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171626_skripsi daftar pustaka.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171626_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Alif Thaariq Sutrisno (B011171626) dengan judul Peran Intelijen Kejaksaan Negeri Makassar dalam Upaya Penanggulangan Tindak Pidana Pencucian Uang dibawah bimbingan H.M. Said Karim sebagai Pembimbing Utama dan Hj. Nur Azisa sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi dari peran Intelijen Kejaksaan Negeri Makassar dalam tindak pidana pencucian uang dan (2) kendala-kendala dan upaya penanggulangan kejahatan oleh Intelijen Kejaksaan Negeri Makassar dalam tindak pidana pencucian uang.
Penelitian ini merupakan penelitian yuridis empiris yang menggunakan metode penelitian wawancara dan kepustakaan sebagai teknik pengumpulan data yang kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini, yaitu (1) Implementasi dari peran Intelijen Kejaksaan Negeri Makassar dalam Tindak Pidana Pencucian Uang adalah dengan melakukan penelusuran aset, penelusuran aliran dana dan perbuatan-perbuatan lain dalam rangka menentukan harta kekayaan yang dialihkan bersumber dari tindak pidana pokok sebagai bentuk pengamatan dan penemukan potensi, pendeteksian dini, gangguan dan hambatan yang akan terjadi, dan (2) Secara umum, Intelijen Kejaksaan Negeri Makassar tidak mengalami kendala yang berarti, tetapi terdapat salah satu faktor yang cukup mengambat yakni terdapat orang-orang atau pihak-pihak yang kurang kooperatif dengan kurang terbukanya dalam penyampaian informasi atau bahan terkait dengan Tindak Pidana Pencucian Uang dikarenakan kedekatan atau faktor lainnya. Upaya yang dilakukan dalam penanggulangannya adalah melakukan penerangan atau penyuluhan hukum melalui program Jaksa Masuk Kampus, Jaksa Masuk Sekolah atau kerjasama dengan instansi-instansi terkait.
Keywords : Intelijen, Kejaksaan Negeri Makassar, Penanggulangan Kejahatan, Tindak Pidana Pencucian Uang)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jul 2022 02:05
Last Modified: 04 Jul 2022 02:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17331

Actions (login required)

View Item
View Item