Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Layanan Streaming Berbayar (Netflix) Yang Diperoleh Melalui Pihak Ketiga = Juridicial Analysis Of Legal Protection Against Paid Streaming Services (Netflix) Obtained Through Third Parties


Rommy, Fitriani Safira Ananda (2021) Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Layanan Streaming Berbayar (Netflix) Yang Diperoleh Melalui Pihak Ketiga = Juridicial Analysis Of Legal Protection Against Paid Streaming Services (Netflix) Obtained Through Third Parties. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171521_skripsi_cover1.jpg

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171521_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171521_skripsi_dp.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171521_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

FITRIANI SAFIRA ANANDA ROMMY (B011171521) dengan judul “Analisis Yuridis Perlindungan Hukum Terhadap Pengguna Layanan Streaming Berbayar (Netflix) Yang Diperoleh Melalui Pihak Ketiga”. Dibimbing oleh Sakka Pati dan Amaliyah.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keabsahan perjanjian perolehan layanan streaming berbayar Netflix melalui pihak ketiga sebagaimana diatur dalam pasal 1320 BW dan untuk mengetahui dapat atau tidaknya perlindungan hukum diberikan kepada pengguna jasa pada perolehan layanan streaming berbayar Netflix melalui pihak ketiga.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normative dengan metode pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Bahan hukum yang digunakan terdiri dari bahan hukum primer, yaitu perundang-undangan. Bahan hukum sekunder, yaitu literatur buku, kamus hukum, jurnal hukum, serta laporan penelitian ilmiah yang berkaitan dengan penelitian ini. Bahan tersier, yaitu artikel serta literatur dalam internet sebagai data pendukung. Keseluruhan bahan hukum tersebut dianalisis secara preskriptif dan disajikan secara deduktif.

Hasil dari penelitian ini adalah perjanjian perolehan layanan streaming berbayar Netflix melalui pihak ketiga secara keseluruhan tidak sah karena belum memenuhi syarat sah suatu perjanjian sebagaimana diatur dalam Pasal 1320 BW. Syarat yang tidak terpenuhi adalah syarat cakap dan syarat suatu sebab yang halal. Perlindungan hukum tidak dapat diberikan kepada pengguna jasa karena akibat dari tidak terpenuhinya syarat objektif dari suatu perjanjian yang menyebabkan batal demi hukum dan dianggap perjanjian tersebut tidak pernah ada. Selain itu, baik penyedia jasa dan pengguna jasa melakukan pelanggaran terms and conditions yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia layanan Netflix.
Kata kunci: Netflix, Pihak Ketiga, Perlindungan Hukum, Streaming Berbayar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 04 Jul 2022 01:58
Last Modified: 04 Jul 2022 01:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17321

Actions (login required)

View Item
View Item