Perspektif Sosiologi Hukum Terhadap Penerapan Izin Penutupan Jalan (Studi Kasus Di Kabupaten Polewali) = Sociology of Law Perspectives on Application of Road Closure Permits (Case Study In Polewali District)


Fiandy, Rizo (2021) Perspektif Sosiologi Hukum Terhadap Penerapan Izin Penutupan Jalan (Studi Kasus Di Kabupaten Polewali) = Sociology of Law Perspectives on Application of Road Closure Permits (Case Study In Polewali District). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171398_skripsi_cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171398_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (863kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171398_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171398_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penerapan peraturan dalam izin penggunaan jalan, serta mengetahui tentang apa saja kendala-kendala yang menjadi penghambat dalam penerapan izin penutupan jalan. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Polewali dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yaitu teknik pengambilan data dengan melakukan wawancara langsung kepada narasumber, dan pembagian kuesioner kepada responden yang terkait dalam skripsi penulis. Selain itu, penulisan ini juga dilakukan dengan metode studi kepustakaan (library research) yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan melalui bacaan yang bersumber dari buku-buku, Perundangan￾undangan, karya tulis, dan data-data lainnya yang diperoleh dari penulisan melalui media internet dan/atau media lainnya yang berhubungan dengan penelitian, kemudian di analisis secara kualitatif normatif sehingga memperoleh suatu kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini, yaitu penerapan izin penutupan jalan di Kecamatan Polewali tidak berjalan sesuai dengan UU No 22 Tahun 2009 serta Perkapolri No 10 Tahun 2012, hal ini diketahui berdasarkan hasil kuesioner dan wawancara kepada narasumber terkait yang menyatakan bahwa izin penutupan jalan tidak lagi berada di naungan kepolisian, akan tetapi dimandatkan kepada Kecamatan dengan nama “Izin Pelataran” Jalan sesuai dengan peraturan Bupati No 5 tahun 2013. Hal ini terjadi karena terdapat beberapa faktor kendala yaitu adanya disintegrasi kewenangan, sosialisasi aturan yang tidak berjalan baik, pemberlakuan sanksi yang tidak sesuai, serta tindak aparat penegak hukum yang kurang tegas. Faktor-faktor tersebut merupakan penyebab tidak berjalannya penerapan izin penutupan jalan dengan baik.
Kata Kunci : Izin Penutupan Jalan, Kepolisian, Izin Pelataran Jalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Jun 2022 00:51
Last Modified: 30 Jun 2022 00:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17302

Actions (login required)

View Item
View Item