ANALISIS WASTE PADA PROSES PEMULANGAN PASIEN RAWAT INAP BPJS DENGAN PENDEKATAN LEAN HOSPITAL MANAGEMENT DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR TAHUN 2022


Wong, Priska Anggelina (2022) ANALISIS WASTE PADA PROSES PEMULANGAN PASIEN RAWAT INAP BPJS DENGAN PENDEKATAN LEAN HOSPITAL MANAGEMENT DI RUMAH SAKIT STELLA MARIS MAKASSAR TAHUN 2022. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K011181351_skripsi_27-06-2022 cover1.png

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K011181351_skripsi_27-06-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K011181351_skripsi_27-06-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K011181351_skripsi_27-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Waktu tunggu pemulangan pasien di RS Stella Maris tidak sesuai dengan SPM dalam Permenkes Tahun 2008 yakni melebihi dua jam dan diprediksi terdapat waste berlebihan. Lambatnya pelayanan akan memperpanjang length of stay (LOS) yang mengakibatkan peningkatan biaya perawatan dan operasional RS, resiko infeksi nosokomial, dan terganggunya sistem transfer pasien dari IGD sehingga angka LOS di IGD meningkat. Tujuan: Untuk menganalisis waste pada proses pemulangan pasien rawat inap BPJS RS Stella Maris Makassar. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain observasional serta wawancara dengan dua kelompok informan, yaitu mereka yang tahu dan terlibat dalam proses pemulangan pasien rawat inap BPJS dan pasien rawat inap BPJS sesuai kelas dan naik kelas yang telah diizinkan pulang oleh DPJP yang dipilih secara acak dan disesuaikan dengan kecukupan dan keseragaman data. Penelitian dilakukan di RS Stella Maris pada bulan Februari-Maret 2022. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan triangulasi sumber. Hasil: Terdapat 15 kegiatan dalam proses pemulangan pasien BPJS sesuai kelas dan 24 kegiatan dalam proses pemulangan pasien BPJS naik kelas. Nilai value added masih berada dibawah 30%, oleh karena itu proses dapat dikatakan un-lean. Waste yang teridentifikasi dalam proses pemulangan pasien ada delapan (8) yaitu : defects, overproduction, waiting, not utilizing employees knowledge, skill and abilities, transportation, inventories, motion, excessprocessing.Akar penyebab terjadinya yaitu : man, material, machine, method, environment. Kesimpulan: Keterlambatan proses pemulangan pasien rawat inap BPJS di RS Stella Maris disebabkan karena adanya waste berlebihan. Saran adalah mempertimbangkan usulan perbaikan yang diberikan peneliti untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lean;Pemborosan;VSM;Fishbone;Pemulangan;
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions (Program Studi): Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 30 Jun 2022 00:51
Last Modified: 30 Jun 2022 00:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17298

Actions (login required)

View Item
View Item