Keefektivan Formulasi Tribakompos dalam Menghambat Serangan Fusarium oxysporum f. sp. cubense in planta dalam Skala Green House


Listiawati, Listiawati (2021) Keefektivan Formulasi Tribakompos dalam Menghambat Serangan Fusarium oxysporum f. sp. cubense in planta dalam Skala Green House. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
G11114332_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
G11114332_skripsi_bab 1-.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G11114332_skripsi_cover1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
G11114332_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (211kB)

Abstract (Abstrak)

Tribakompos merupakan campuran agens hayati Trichoderma dan Bacillus dengan media kompos. Selain berperan antagonis terhadap patogen, tribakompos juga berperan dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan formulasi tribakompos dalam menghambat serangan Fusarium oxysporum f. sp. cubense dan menstimulasi pertumbuhan pada tanaman pisang dalam skala green house. Penelitian dilaksanakan bulan Januari 2018 di laboratorium Fakultas Pertanian, Departemen Hama dan Penyakit Tanaman, Universitas Hasanuddin. Metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) deng controldan 5 perlakuan masing-masing 3 ulangan dan setiap ulangan terdiri dari 3 pohon sehingga total pohon pada percobaan sebanyak 18 pohon. Setiap perlakuan menggunakan formulasi tribakompos dengan dosis 20, 40, 60, 80, dan 100 gram yang dicampurkan kedalam media tanah sebanyak 2 kg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi tribakompos pada tanaman pisang yang kemudian diinfeksikan pathogen Fusarium oxysporum f. sp. cubense tidak mengalami gejala serangan hingga pengamatan selesai, berbeda dengan tanaman kontrol yang mengalami gejala serangan hingga 100%. Perlakuan tribakompos juga dapat berperan sebagai pemacu pertumbuhan tanaman yang di indikasikan dengan peningkatan pertumbuhan tanaman pisang dimana perlakuan dengan dosis 60 gram tribakompos memiliki rata-rata pertumbuhan tertinggi dibanding dosis yang lain. Penelitian ini mengindikasikan bahwa dalam semua variasi dosis tribakompos efektif dalam menghambat serangan Fusarium oxysporum f. sp. cubense.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bacillus Spp, Layu Fusarium, Fusarium oxysporum, Trichoderma sp., Tribakompos
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 30 Jun 2022 00:47
Last Modified: 30 Jun 2022 00:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17292

Actions (login required)

View Item
View Item