Tinjauan Viktimologi Terhadap Tindak Pidana Penggelapan dan Pencucian Uang Oleh Travel Haji/Umrah (Studi Kasus Abu Tours 2018) = Victimology Review of Embezzlement and Money Laundering by Hajj Travel Agency


Azizah, Andi Nurul (2021) Tinjauan Viktimologi Terhadap Tindak Pidana Penggelapan dan Pencucian Uang Oleh Travel Haji/Umrah (Studi Kasus Abu Tours 2018) = Victimology Review of Embezzlement and Money Laundering by Hajj Travel Agency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171355_skripsi_cover1.jpg

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171355_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171355_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (201kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171355_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ANDI NURUL AZIZAH (B011 17 1 355 ) dengan judul Tinjauan Viktimologi Terhadap Tindak Pidana Penggelapan dan Pencucian Uang yang Dilakukan Oleh Travel Haji/Umrah. Di bawah bimbingan Bapak Muhadar sebagai pembimbing utama dan Ibu Wiwie Heryani sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang peranan korban dalam tindak pidana penggelapan dan pencucian uang yang dilakukan oleh travel haji/umrah, untuk meng etahui bagaimana upaya penanggulangan kejahatan yang dilakukan oleh pihak kepolisian khususnya dalam kasus ini dan untuk mengetahui bagaimana perlindungan hukum terhadap korban kasus ini.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian empirik, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah wawancara dengan korban dan penyidik kasus Abu Tours. Data disempurnakan dengan data sekunder dan data tersier dari literatur-literatur yang berkaitan dengan objek penelitian yang kemudian dikaji dengan analisis secara kualitatif dan disajikan dalam bentuk deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan, yaitu : 1) peranan korban dalam kasus ini ialah mudahnya tergiur dengan harga murah dan terpikat dengan pengalaman orang lain. 2) Kepolisian menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati mendaftar umrah/haji pada travel – travel yang menawarkan harga murah, kepolisian juga melakukan pengawasan bersama kementerian agama serta melakukan penindakan pada travel yang melakukan penyimpangan. 3) Indonesia belum mengatur ketentuan khusus untuk melindungi korban dari kasus ini.
Keywords : Tindak Pidana Penggelapan, Pencucian Uang, Penelitian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:00
Last Modified: 29 Jun 2022 08:00
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17282

Actions (login required)

View Item
View Item