TINJAUAN VIKTIMOLOGI TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN KAWIN PAKSA YANG DILAKUKAN ORANG TUA DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG = VICTIMOLOGICAL REVIEW OF THE CRIMINAL ACTION OF FORCED MARRIED VIOLENCE BY PARENTS IN SIDENRENG DISTRICT RAPPANG


Muin, Syafruddin (2021) TINJAUAN VIKTIMOLOGI TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN KAWIN PAKSA YANG DILAKUKAN ORANG TUA DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG = VICTIMOLOGICAL REVIEW OF THE CRIMINAL ACTION OF FORCED MARRIED VIOLENCE BY PARENTS IN SIDENRENG DISTRICT RAPPANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171084_skripsi_cover1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171084_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171084_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (755kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171084_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SYAFRUDDIN MUIN (B011171084) “TINJAUAN VIKTIMOLOGI TERHADAP TINDAK PIDANA KEKERASAN KAWIN PAKSA YANG DILAKUKAN ORANG TUA DI KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG”. (Dibimbing oleh H.M Said Karim selaku pembimbing 1 dan Audyna Mayasari Muin selaku pembimbing II).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal: Pertama, untuk mengetahui peranan korban terhadap tindak pidana kekerasan kawin paksa yang dilakukan orang tua di Kabupaten Sidenreng Rappang dan perlindungan hukum terhadap korban tindak pidana kekerasan kawin paksa yang dilakukan orang tua di Kabupaten Sidenreng Rappang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian empirik yang dilakukan di Kabupaten Sidenreng Rappang dengan populasi warga Kabupaten Sidenreng Rappang yang menjadi korban kawin paksa. Data yang digunakan adalah data yang bersifat primer dan sekunder dengan menggunakan dua teknik pengumpulan data berupa Penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan yang kemudian dianalisis secara desktiftif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor terjadinya kekerasan kawin paksa dibagi menjadi dua, yaitu faktor internal berupa: faktor pendidikan, hamil diluar nikah, hubungan korban dengan pelaku dan lemahnya korban, sedangkan faktor eksternal berupa: faktor ekonomi, kekeluargaan/status sosial serta faktor adat. (2) Polres dan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan Dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Sidenreng Rappang adalah lembaga yang melakukan perlindungan hukum terhadap korban kekerasan dalam rumah tangga di kabupaten sidenreng Rappang, selain itu lembaga ini juga melakukan berbagai Upaya-upaya preventif dalam mencegah terjadinya tindak pidana kekerasan kawin yang dilakukan orang tua di Kabupaten Sidenreng Rappang.
Keywords : Kekerasan; Kawin Paksa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:51
Last Modified: 29 Jun 2022 07:51
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17275

Actions (login required)

View Item
View Item