EFEKTIVITAS PENGAWASAN IZIN PENGOLAHAN LIMBAH MEDIS PADAT OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA MAKASSAR


Kwardani, Retno Indah (2021) EFEKTIVITAS PENGAWASAN IZIN PENGOLAHAN LIMBAH MEDIS PADAT OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B12114318_skripsi_cover1.jpg

Download (192kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B12114318_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B12114318_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B12114318_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pengawasan izin pengolahan limbah medis padat oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pengawasan izin pengolahan limbah medis padat oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar.
Penelitian ini berlokasi di Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar, Instalasi Sanitasi dan Kebersihan RSUP. Dr. Wahidin Sudirohusodo dan Unit Divisi K3 & KL RS. Unhas. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian empirik dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Kemudian data yang terhimpun dianalisis secara kualitatif disajikan secara deskriptif yaitu menggambarkan permasalahan berdasarkan fakta.
Adapun hasil penelitian ini, yaitu: (1) Pengawasan Izin Pengolahan Limbah Medis Padat oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar dinilai belum efektif. (2) Faktor-Faktor yang mempengaruhi pengawasan yaitu faktor penegak hukum yaitu belum adanya pelatihan dalam pelaksanaan pengawasan, minimnya jumlah Pejabat Pengawas Lingkungan Hidup Daerah Kota Makassar, dan rendahnya instensitas pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Kota Makassar terhadap Izin Pengolahan Limbah Medis Padat, serta faktor sarana dan prasarana yang belum menunjang dalam pelaksanaan pengawasan Izin Pengolahan Limbah Medis Padat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 29 Jun 2022 07:13
Last Modified: 29 Jun 2022 07:13
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17261

Actions (login required)

View Item
View Item