FAKTOR-FAKTOR PERILAKU PENGGUNA GIGI TIRUAN LENGKAP TERHADAP TERJADINYA LESI MUKOSA: SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS


Syah, Pra Purnama Ramadhan (2022) FAKTOR-FAKTOR PERILAKU PENGGUNA GIGI TIRUAN LENGKAP TERHADAP TERJADINYA LESI MUKOSA: SEBUAH TINJAUAN SISTEMATIS. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J015191007_tesis_17-06-2022 cover1.png

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J015191007_tesis_17-06-2022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J015191007_tesis_17-06-2022 dp.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J015191007_tesis_17-06-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : . Ketidaknyamanan dalam penggunaan gigi tiruan ini seringkali disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya lesi yang terbentuk akibat penggunaan gigi tiruan. Lesi pada pengguna gigi tiruan merupakan kondisi perubahan jaringan yang terkait dengan adanya kondisi patologis dan histopatologis serta kemungkinan adanya komplikasi. Gigi tiruan dapat menjadi penyebab utama dari kondisi ini, karena perubahan kondisi dari rongga mulut dan beban terhadap mukosa. Oleh karena itu, peneliti tertarik menganalisis lebih jauh mengenai faktor perilaku pengguna GTL terhadap terjadinya lesi mukosa.
Tujuan : Untuk mengetahui faktor-faktor perilaku pengguna gigi tiruan lengkap yang menyebabkan terjadinya lesi mukosa
Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan metode “Systematic Review”. merujuk pada metode Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses (PRISMA). Strategi yang digunakan untuk mencari artikel menggunakan PICO question/ PICO framework yang terdiri dari Population yaitu pengguna gigi tiruan, Intervention yaitu menggunakan gigi tiruan lengkap, Comparison yaitu lesi mukosa pada pengguna gigi tiruan lengkap, dan Outcome yaitu faktor-faktor perilaku pengguna gigi tiruan lengkap terhadap terjadinya lesi mukosa.
Hasil : Jumlah artikel di review dengan teks lengkap dan memenuhi kriteria inklusi berdasarkan PICO didapatkan 10 artikel yang direview dalam tinjauan sistematis ini dimulai dari tahun 2002 hingga tahun 2019. Artikel terbanyak berasal dari benua Eropa sebanyak 5 artikel, kemudian benua Asia sebanyak 4 artikel dan benua Amerika 1 artikel. Total sampel untuk artikel secara keseluruhan yang direview dalam tinjauan sistematis ini adalah 6846 sampel. Pada tinjauan sistematis ini ada 4 perilaku pengguna GTL yang dapat mempengaruhi timbulnya lesi mukosa yaitu merokok, lama penggunaan GTL, menggunakan GTL di malam hari, dan frekuensi membersihkan GTL kemudian didapatkan 8 macam lesi mukosa yang timbul akibat perilaku pengguna GTL yaitu traumatic ulcer, denture stomatitis, denture hyperplasia, angular cheilitis, leukoplakia, candidiasis, frictional keratosis, dan lichen planus.
Kesimpulan : Lesi yang paling sering muncul akibat perilaku pengguna GTL apabila dihubungkan dengan perilaku merokok adalah traumatic ulcer, bila dihubungkan dengan lama penggunaan GTL, penggunaan GTL di malam hari, dan frekuensi membersihkan GTL adalah denture stomatitis
Kata Kunci : factor affecting, lesi mukosa, pengguna gigi tiruan lengkap

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: factor affecting, lesi mukosa, pengguna gigi tiruan lengkap
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions (Program Studi): Fakultas Pendidikan Dokter Gigi > PPDGS - Prostodonsia
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:10
Last Modified: 29 Jun 2022 01:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17242

Actions (login required)

View Item
View Item