Isolasi dan Identifikasi Cendawan yanga Berasosiasi dengan Kanker Batang Kakao serta Uji Patogenisitasnya pada Bibit Kakao = Isolation and Identification of Fungi Associated with Stem Cancer and Pathogenicity Testing on Cocoa Seeds


Krisna M, Nurul Fadhilah (2021) Isolasi dan Identifikasi Cendawan yanga Berasosiasi dengan Kanker Batang Kakao serta Uji Patogenisitasnya pada Bibit Kakao = Isolation and Identification of Fungi Associated with Stem Cancer and Pathogenicity Testing on Cocoa Seeds. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011171018_skripsi_cover1.jpg

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011171018_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (609kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011171018_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011171018_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Seiring meningkatnya konsumsi dunia akan kakao, pasar kakao dunia masih terbuka lebar, hal ini memberikan kesempatan kepada Indonesia khususnya Sulawesi Selatan untuk menjadi pasar tersebut. Untuk itu segala macam hambatan terkait hal-hal yang berpotensi menurunkan kualitas dan produksi harus dihindarkan. Kemunculan hama Xylosandrus compactus yang diduga berasosiasi dengan beberapa cendawan menyebabkan tanaman kakao terserang penyakit kanker batang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi isolat cendawan yang berasal dari gejala kanker batang kakao, mengetahui apakah cendawan tersebut merupakan patogen dan mengetahui isolat cendawan yang paling patogenik terhadap kejadian penyakit. Hasil dari penelitian ini diperoleh sebanyak 5 isolat cendawan B1, B2, B3 merupakan isolat Fusarium sp sementara B4, B5 merupakan Lasiodiplodia sp. Perlakuan dengan Isolat B3 juga memperlihatkan diameter dan lebar bercak kanker (cm) dengan angka sebesar 3,20 cm yang berbeda nyata dengan perlakuan B1, B2 dan Kontrol sedangkan untuk pengamatan Insidensi penyakit (%) perlakuan B3 (Fusarium sp) juga memperoleh angka tertinggi sebesar 32,88% yang berdasarkan analisis statistik tidak berbeda nyata dengan perlakuan lain kecuali kontrol, namun memiliki kecenderungan dalam menimbulkan gejala. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kelima isolat cendawan yang diperoleh merupakan patogen serta isolat B3 (Fusarium sp) dalam hal ini merupakan isolat yang memiliki kecenderungan dalam menimbulkan gejala penyakit pada kanker batang.
Kata Kunci: Fusarium sp, Kanker Batang, Kakao, Lasiodiplodia sp

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:08
Last Modified: 29 Jun 2022 01:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17238

Actions (login required)

View Item
View Item