ANALISIS VISUAL OPENING THEME ANIME KIMETSU NO YAIBA (鬼滅の刃) KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES


Azzury, Abdil Fauzi (2021) ANALISIS VISUAL OPENING THEME ANIME KIMETSU NO YAIBA (鬼滅の刃) KAJIAN SEMIOTIKA ROLAND BARTHES. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Full text] Text (Full text)
F91116502_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
F91116502_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F91116502_skripsi_COVER1.jpg

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Daftar] Text (Daftar)
F91116502_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Abdil Fauzi Azzury. Berjudul “ANALISIS VISUAL OPENING THEME ANIME KIMETSU NO YAIBA (鬼滅の刃) Kajian Semiotika Roland Barthes”, (Dibimbing oleh Nursidah, S.Pd., M.Pd dan Taqdir, S.Pd., M.Hum).

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan makna yang terkandung pada visual opening theme anime Kimetsu no Yaiba (鬼滅の刃) dengan menggunakan teori semiotika dari Roland Barthes.

Sesuai dengan peta tanda Barthes penulis menggunakan sistem pemaknaan pertama dan kedua yang disebut Barthes sebagai makna denotatif dan makna konotatif. Dengan menggunakan metode tersebut penulis dapat menjabarkan makna-makna yang ada pada setiap visual atau frame dari tiap gambar opening theme anime Kimetsu no Yaiba. Data-data yang dipakai kemudian diurutkan sesuai pada gambar yang ditampilkan pada setiap menit dan detiknya lalu memberikan keterangan dari setiap frame kemudian memberikan makna sesuai dengan teori Barthes yakni, denotatif dan konotatif.

Dari hasil penelitian, penulis menemukan banyaknya sikap dari tokoh-tokoh anime Kimetsu no Yaiba yang pantang menyerah, persahabatan dan persaudaraan, dan tekad yang kuat dalam menghadapi rintangan. Selain itu pada tiap frame yang ditampilkan berbagai budaya dari Jepang namun, budaya tersebut menyimpang dari budaya aslinya seperti, pakaian, pedang dan makhluk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Semiotika Roland Barthes, Anime, Kimetsu no Yaiba, Frame.
Subjects: P Language and Literature > PE English
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:06
Last Modified: 29 Jun 2022 01:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17236

Actions (login required)

View Item
View Item