Pertumbuhan dan Perkembangan Ulat Grayak Frugiperda Spodoptera frugiperda J.E. Smith (Lepidoptera: Noctuidae) pada Pakan buatan (Artificial Diets) Berbahan Dasar Kacang Hijau (Vigna radiata) di Laboratorium = Growth and Development of the Fall Army Worm Spodoptera frugiperda J.E. Smith (Lepidoptera: Noctuidae) on Artificial Diets Mung Bean-Based (Vigna radiata) in the Laboratory


Uleng, Andi Nadya Tenri (2021) Pertumbuhan dan Perkembangan Ulat Grayak Frugiperda Spodoptera frugiperda J.E. Smith (Lepidoptera: Noctuidae) pada Pakan buatan (Artificial Diets) Berbahan Dasar Kacang Hijau (Vigna radiata) di Laboratorium = Growth and Development of the Fall Army Worm Spodoptera frugiperda J.E. Smith (Lepidoptera: Noctuidae) on Artificial Diets Mung Bean-Based (Vigna radiata) in the Laboratory. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011171008_skripsi_cover1.jpg

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011171008_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (943kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011171008_skripsi_dp.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011171008_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pakan buatan dengan bahan baku utama kacang hijau sebagai sumber protein pada perbanyakan Spodoptera frugiperda. Penelitian dilaksanakan di laboratorium Hama Tumbuhan, Departemen Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar pada bulan Agustus 2020 hingga Februari 2021. Metode yang diguanakan dalam penelitian merupakan modifikasi komposisi artificial diet dari Pinto at al. (2019) dengan mengganti sumber protein menggunakan bubuk kacang hijau. Serangga uji yang digunakan keturunan F2 yang telah diperbanyak di laboratorium. Penggunaan serangga uji sebanyak 100 ekor dengan mengamati tahapan perkembangan S. frugiferda pada pakan tersebut. Parameter yang diamati yaitu: pengamatan biologi meliputi lama hidup larva, kelangsungan hidup larva, ukuran pupa, nisba kelamin, lama hidup pupa, kelangsungan hidup pupa, fekunditas dan indeks nutrisi. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa durasi rata-rata hidup larva 33,5 hari, kelangsungan hidup larva 64%, rata-rata ukuran pupa 15,62 mm, nisbah kelamin 0,8, durasi rata-rata hidup pupa 11,53 hari, kelangsungan hidup pupa yang mencapai 98% dan nilai fekunditas serangga 307,14 butir telur/betina. Selain itu nilai indeks nutrisi serangga seperti nilai laju konsumsi (RCR), nilai laju pertumbuhan (RGR), efesinsi konversi pencernaan makanan (ECI) dan efesiensi konversi dari makanan dicerna (EDC) pada instar 4 sampai 6 bertambah seiring tingginya tahapan instar, sedangkan untuk nilai kemampuan pencernaan (AD) berbanding terbalik dengan nilai indeks nutrisi lainnya.
Keywords : Kacang Hijau, Pakan Buatan, Perbanyakan, Spodotera frugiperda

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:03
Last Modified: 29 Jun 2022 01:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17232

Actions (login required)

View Item
View Item