POPULASI Sitophilus zeamais (COLEOPTERA: CURCULIONIDAE) PADA BERBAGAI LAMA PENYIMPANAN BIJI JAGUNG DI LABORATORIUM = POPULATION OF Sitophilus zeamais (COLEOPTERA: CURCULIONIDAE) IN VARIOUS PERIOD STORAGE OF CORN SEEDS IN THE LABORATORY


Amir, Rahmat Thabrani Ashari (2021) POPULASI Sitophilus zeamais (COLEOPTERA: CURCULIONIDAE) PADA BERBAGAI LAMA PENYIMPANAN BIJI JAGUNG DI LABORATORIUM = POPULATION OF Sitophilus zeamais (COLEOPTERA: CURCULIONIDAE) IN VARIOUS PERIOD STORAGE OF CORN SEEDS IN THE LABORATORY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G11116701_skripsi_cover1.jpg

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G11116701_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (993kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G11116701_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (202kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G11116701_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Sitophilus zeamais merupakan salah satu hama utama pada penyimpanan komoditi jagung yang dapat menyebabkan kehilangan hasil hingga 80% dan kerusakan biji 100% ditempat penyimpanan. Sitophilus zeamais meletakkan telur pada biji jagung sebelum dipanen maupun di gudang penyimpanan dan hama ini menyelesaikan siklus hidupnya di dalam biji sehingga biji akan rusak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pertumbuhan populasi Sitophilus zeamais dan kerusakan yang diakibatkan pada biji jagung pada berbagai lama waktu penyimpanan. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Hama, Dapartemen Hama Dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Makassar, yang berlangsung mulai Agustus 2020 sampai Desember 2020. Penelitian ini menggunakan 4 perlakuan waktu penyimpanan biji jagung yaitu 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan dan 4 bulan, dan setiap perlakuan diulang sebanyak 4 kali. Masing-masing unit perlakuan menggunakan 100 biji jagung yang dikemas dalam karung berukuran kecil dan dilepaskan sepasang imago S. zeamais kemudian disimpan di laboratorium sesuai perlakuan lama waktu penyimpanan. Hal-hal yang diamati adalah Identifikasi Morfologi Serangga, pertumbuhan populasi, dan banyaknya biji yang berserangga pada setiap waktu penyimpanan. Hasil Penelitian menunjukkan populasi Sitophilus zeamais mengalami peningkatan seiring lamanya masa penyimpanan. Kerusakan yang paling besar terjadi pada pengamatan bulan ke 4 dengan jumlah biji berserangga rata-rata 30,5 biji dan populasi hama rata-rata 26,5 ekor.
Keywords : Hama Sitophilus zeamais, Jagung, lama penyimpanan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agroteknologi
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:01
Last Modified: 29 Jun 2022 01:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17228

Actions (login required)

View Item
View Item