Tinjauan Saluran dan Efisiensi Pemasaran Telur Itik di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan


Ruslan, Ruslan (2022) Tinjauan Saluran dan Efisiensi Pemasaran Telur Itik di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
I011181022_skripsi_24-05-2022 cover1.png

Download (121kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
I011181022_skripsi_24-05-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
I011181022_skripsi_24-05-2022 dp.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
I011181022_skripsi_24-05-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

ABSTRAK

Ruslan I011181022. Tinjauan Saluran dan Efisiensi Pemasaran Telur Itik di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan. Di bawah bimbingan Kasmiyati Kasim sebagai Pembimbing Utama dan Veronica Sri Lestari sebagai Pembimbing Anggota.

Efisiensi pemasaran merupakan optimalisasi pemasaran antara output dengan input. Efisiensi pemasaran erat kaitannya dengan saluran pemasaran yang merupakan panjangnya alur pemasaran suatu pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui saluran pemasaran, menghitung margin tiap lembaga pemasaran, menghitung keuntungan lembaga pemasaran dan mengetahui tingkat efisiensi pemasaran telur itik di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan populasi dan sampel yang digunakan yaitu peternak itik petelur yang berdomisili di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Dengan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan metode snowball sampling. Data pada penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif dengan sumber data dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan saluran pemasaran yang ada di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang Provinsi Sulawesi Selatan terdapat tiga saluran pemasaran yaitu saluran pemasaran I dari peternak langsung ke konsumen. Saluran pemasaran II dari peternak ke pedagang pengumpul lalu ke padagang pengecer sampai ke konsumen dan saluran pemasaran III dari peternak ke pedagang pengumpul kemudian ke konsumen antara. Saluran pemasaran yang memiliki margin tertinggi adalah saluran II sebanyak Rp. 25.000/rak dan yang terendah pada saluran I sebesar Rp. 0.00/rak. Lembaga yang memiliki margin tertinggi adaalah pedagang pengumpul pada saluran III sebeanyak Rp. 20.000/rak dan yang terendah ada pada peternak pada saluran I sebanyak Rp. 0.00/rak. Saluran I merupakan saluran yang paling efisien karna dari segi pendapatan atau bagian yang diterima peternak paling tinggi dibandingkan saluran pemasaran II dan III.

Kata kunci: saluran pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran, dan efisiensi pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: saluran pemasaran, margin pemasaran, keuntungan pemasaran, dan efisiensi pemasaran.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions (Program Studi): Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 29 Jun 2022 00:57
Last Modified: 29 Jun 2022 00:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17224

Actions (login required)

View Item
View Item