ANALISIS POTENSI KESUBURAN TANAH SAWAH BERDASARKAN MINERAL PEMBAWA HARA PADA KECAMATAN SINJAI BARAT = Analysis of The Potential of Paddy Soil Fertility Based On Nutrient-Carrying Minerals in West Sinjai District


Nasir, Khaerunnisa (2021) ANALISIS POTENSI KESUBURAN TANAH SAWAH BERDASARKAN MINERAL PEMBAWA HARA PADA KECAMATAN SINJAI BARAT = Analysis of The Potential of Paddy Soil Fertility Based On Nutrient-Carrying Minerals in West Sinjai District. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G11116524_skripsi_cover1.jpg

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G11116524_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (879kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G11116524_skripsi_daftar pustaka.pdf

Download (352kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G11116524_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang. Padi merupakan komuditas unggulan diantara komoditas-komoditas tanaman pangan lainnya yang diusahakan di Kabupaten Sinjai. Produksi padi di Kabupaten Sinjai tahun 2018 meningkat sekitar 5,75% Meskipun produksi padi meningkat tetapi produktivitasnya sudah mengalami penurunan. Produktivitas padi dipengaruhi oleh tingkat kesuburan tanah. Kesuburan tanah adalah kemampuan tanah untuk menyediakan unsur hara. Sebagian besar unsur hara yang ada dalam tanah berasal dari pelapukan mineral. Peranan mineral tanah sangat penting dalam keberlanjutan produktivitas padi sawah. Semakin tinggi cadangan mineral mudah lapuk yang terkandung pada tanah sawah maka secara alami tanah tersebut semakin subur. Tujuan. Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi kesuburan tanah sawah berdasarkan mineral pembawa hara. Metode. Metode yang digunakan dalam penetapan titik profil berdasarkan overlay penggunaan lahan sawah, peta kelas lereng, peta jenis tanah, dan peta bahan induk dan menghasilkan unit lahan. Analisis sifat morfologi fisik dan kimia tanah diantaranya, struktur, tekstur, bulk density, C-organik, KTK, N, P2O5, dan basa-basa dapat tukar.Analisis mineral bahan induk menggunakan metode Petrografi. Analisis mineral tanah menggunakan metode XRD (X-Ray Diffractometer). Perhitungan cadangan hara menggunakan rumus 100-%kuarsa. Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Kandungan mineral pada lokasi penelitian yang ditemukan terdiri atas mineral olivine 108%, pyroxene 99%, Amphibole 137,1%, Hornblende 41,9%, Biotite 65,9%, anorthite 186,9%, bytownit 42,6%, labradorite 36,6%, andesine 29,9%, albit 120%, feldspar 64,5%, muscovite 125,4% dan kuarsa 36,8% yang didominasi oleh mineral mudah lapuk yang membawa unsurr hara Ca,Mg,K,Na dan Fe. Potensi kesuburan tanah berdasarkan cadangan hara berkisar antara 80-100%. Kesimpulan. Potensi kesuburan tanah pada lokasi penelitian termasuk dalam kategori baik dengan dominasi mineral mudah lapuk yang terdiri dari olivine, pyroxene, Amphibole/Hornblende, Biotite, anorthite, bytownit, labradorite, andesine, albit, feldspar, dan muscovite yang membawa unsur hara Ca,Mg,K,Na dan Fe yang baik bagi pertumbuhan dan produksi tanaman padi sawah.
Keywords : Kesuburan, tanah, unsur hara, mineral, Sinjai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 29 Jun 2022 00:53
Last Modified: 29 Jun 2022 00:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17216

Actions (login required)

View Item
View Item