EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN PADA LAHAN SAWAH NON IRIGASI DI KABUPATEN GOWA = THE EFFECTIVENESS OF AGRICULTURAL EXTENSION ON NON-IRRIGATED RICE FIELDS IN GOWA REGENCY


Ainun, Nurul Azizah (2021) EFEKTIVITAS PENYULUHAN PERTANIAN PADA LAHAN SAWAH NON IRIGASI DI KABUPATEN GOWA = THE EFFECTIVENESS OF AGRICULTURAL EXTENSION ON NON-IRRIGATED RICE FIELDS IN GOWA REGENCY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116014_skripsi_cover1.jpg

Download (271kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116014_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (781kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116014_skripsi_dp.pdf

Download (458kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116014_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kabupaten Gowa merupakan salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Selatan yang berpotensi surplus pangan (beras). Tujuan penelitian ini untuk 1) Menganalisis hubungan signifikansi-korelasi antara masing-masing variabel laten (latent Variables) dengan variabel pengukurnya (measured variable). 2) Menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung variabel laten eksogen pendidikan formal dan aset usahatani, dan pengaruh langsung variabel perantara sumberdaya manusia terhadap variabel endogen efektivitas penyuluhan. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara sengaja dengan pertimbangan bahwa Kecamatan Pattallassang merupakan salah satu kecamatan dengan luas lahan sawah non irigasi terluas di Kabupaten Gowa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Jumlah responden dalam penelitian sebanyak 60 orang petani yang dipilih secara acak. Data diolah secara kualitatif maupun kuantitatif. Data kualitatif diolah secara deskriptif, sedangkan data kuantitatif diolah menggunakan analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software Linear Structural Relationship (PLS) 3.0. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) Variabel laten eksogen (pendidikan formal dan aset usahatani), variabel perantara (Sumberdaya Manusia) dan variabel laten endogen (Efektivitas penyuluhan) pada penelitian ini memiliki hubungan signifikansi-korelasi yang baik dengan variabel pengukurnya (measured variabel) masing-masing dengan nilai loading factor > 0.6. 2) Variabel pendidikan formal berpengaruh kecil/tidak signifikan melalui variabel sumberdaya manusia terhadap variabel efektivitas penyuluhan pertanian. Sementara variabel aset usahatani memberikan pengaruh signifikan melalui variabel efektivitas penyuluhan pertanian sedangkan untuk pengaruh melaui variabel sumber daya manusia, variabel aset usahatani berpengaruh kecil/tidak signifikan. Variabel sumber daya manusia memberikan pengaruh kecil/tidak signifikan terhadap variabel efektivitas penyuluhan pertanian.
Kata Kunci: Efektivitas Penyuluhan Pertanian, Usahatani Padi, Structural Equation Modeling, Linear Structural Relationship.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Jun 2022 01:53
Last Modified: 28 Jun 2022 01:53
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/17191

Actions (login required)

View Item
View Item